Makanan Ini Bikin Kolesterol dan Darah Tinggi Ambrol Sekaligus
ilustrasi cokelat untuk mengatasi kolesterol dan darah tinggi (Foto: Elements Envato)

GenPI.co - Sebagian orang menganggap cokelat adalah makanan yang perlu mereka jauhi karena berisiko menaikkan berat badan. Padahal, manfaat cokelat untuk kesehatan bisa Anda dapatkan bila memilih produk yang tepat.

Ada berbagai jenis cokelat, seperti cokelat susu (milk chocolate), cokelat putih (white chocolate), dan cokelat hitam (dark chocolate).

Dari ketiganya, dark chocolate memiliki manfaat paling banyak untuk kesehatan.

Sebuah studi dari Nutrition tahun 2017 melaporkan konsumsi cokelat hitam selama 15 hari bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada pasien HIV.

Cokelat mengandung polifenol dan teobromin yang bisa meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik.

Manfaat cokelat ini bisa menekan berbagai penyakit kronis yang disebabkan kadar kolesterol tinggi seperti jantung koroner dan stroke.

Meski begitu, kamu yang memiliki kolesterol tinggi tetap harus mengurangi makanan tinggi lemak.

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi cokelat untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, manfaat cokelat yang utama bersumber dari kandungan flavonoid. Dalam tubuh, flavonoid mengaktifkan gen dalam sel untuk memproduksi nitrit oksida.

Nitrit oksida berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah jadi lebih lancar dan akhirnya tekanan darah ikut menurun.

The American Journal of Clinical Nutrition menerbitkan penelitian tentang hubungan cokelat yang bisa menurunkan tekanan darah.

Hasilnya, manfaat makan cokelat hitam (dark chocolate) selama 18 minggu, menurunkan tekanan darah hingga 18% pada pasien hipertensi.

Kalian wajib tonton video yang satu ini: