Suasana rumah usai terbakar.
Suasana rumah usai terbakar.

Tapanuli Utara, Sumatera Utara - Satu unit rumah semi permanen berlantai dua habis terbakar di Desa Adiankoting Tongatonga, Kecamatan Adiankoting Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara.

Kepala Seksi Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing mengatakan kebakaran yang menghanguskan rumah Mangalatua Sipahutar (65) terjadi pada Jumat (13/5/2022) sekira pukul 14.30 WIB.

"Dari hasil keterangan saksi-saksi yang kita himpun di tempat kejadian, bahwa penyebab kebakaran tersebut diduga akibat anak korban yang berusia lima tahun bermain api dengan membakar kertas di atas kasur di lantai dua," kata Walpon dalam keterangan yang diterima tvonenews.com, Sabtu (14/5/2022).

"Setelah itu api menyulut kasur, anak korban pun tidak bisa mematikannya, dan api pun langsung membesar dan menghanguskan bangunan rumah di lantai dua," ungkap Walpon.

Setelah warga sekitar melihat kejadian tersebut, lalu warga masuk ke rumah dan naik ke lantai dua, serta menarik pemilik rumah dan anaknya untuk diselamatkan. "Karena api saat itu semakin membesar," katanya.

Selanjutnya warga berusaha memadamkan api dengan menyiramkan air, namun api semakin membesar dan membakar rumah lantai dua yang terbuat dari kayu. "Agar tidak seluruh isi rumah korban habis terbakar, warga pun berusaha mengeluarkan barang-barang korban dari lantai satu agar tidak ikut terbakar," terang Walpon.

Dijelaskannya, setelah hampir satu jam, mobil Damkar tiba di lokasi namun rumah sudah hangus terbakar. "Untuk mematikan api secara total, mobil Damkar pun menyiram air agar tidak ada rembesan api ke rumah lain yang berdekatan," jelasnya.

Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. “Tim Inafis sudah melakukan olah TKP untuk kepentingan penyelidikan agar mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut," Walpon menambahkan. (ssg/wna)