Rapper Show Me The Money 10 Diduga Singgung Jonghyun SHINee
Rapper Show Me The Money 10 Diduga Singgung Jonghyun SHINee

ZIGI – Rapper Show Me The Money 10 dalam episode 9 dikritik karena membawakan lagu yang merujuk pada kematian mendiang Jonghyun Shinee. K-netz berpendapat potongan lirik tersebut tidak pantas jadi penghormatan untuk Jonghyun yang meninggal setelah berjuang melawan depresi.

Jonghyun SHinee ditemukan meninggal dunia di apartemennya karena menghirup kabon monoksida. Simak berita lengkapnya di bawah ini.

Rapper Show Me The Money 10 Dikritik Karena Singgung Mendiang Jonghyun Shinee

Mudd the Student Tampil di Show Me The Money 10

Photo : Koreaboo Mudd the Student Tampil di Show Me The Money 10

Show Me The Money kembali tayang di Mnet pada Jumat, 26 November 2021. Rapper Mudd the Student berkolaborasi dengan AKMU untuk penampilan di babak semi final. Kedua artis menciptakan lagu Dissonance bersama. Lagu ini viral karena melodi dan ceria. Namun beberapa liriknya dianggap bermasalah oleh K-netz.

Bagian lirik diduga merujuk pada mendiang Jonghyun SHINee. K-netz yang jeli kemudian membedah lirik lagu tersebut. Melansir dari Koreaboo pada Selasa, 30 November 2021, bait Dissonance yang berbunyi "aku seperti pintu elevator" diduga mengacu pada side B Jonghyun berjudul Elevator dalam album kompilasi SHINee, Story Op.2.

Lirik lain yang dianggap bermasalah adalah bagian "aku kehilangan masa kecilku dan digantikan oleh rasa sakit yang tidak terlihat." Bagian ini menyinggung lagu Jonghyun Only One You Need. Lanjut, part "tetaplah bernapas hingga akhir hidupmu" dianggap merujuk lagu Breath - Lee Hi yang ditulis oleh Jonghyun SHINee.

Seperti kita ketahui, Jonghyun SHINee meninggal dunia pada 18 Desember 2017 karena menghirup karbon dioksida. Ia ditemukan meninggal di apartemennya yang terletak di Cheongdam-dong, Seoul, Korea Selatan. Penyelidik juga menemukan tulisan 'depresi melahap saya'.

 

Pada tahun 2016, dalam wawancara Blue Night Radio, vokalis utama SHINee ini mengaku mengidap seasonal affective disorder (ganggung afektif musiman). Biasanya serangan depresi akan semakin besar saat musim-musim muram seperti saat hujan atau musim dingin.

Kabar kematian Jonghyun SHINee disambut kesedihan oleh industri musik Korea dan para penggemar internasional. Banyak artis SM Entertainment yang datang untuk menunjukan penghormataan terakhir pada teman seperjuangan mereka. Dari kasus Jonghyun, kewaspadaan terhadap penyakit depresi mulai meningkat di Korea Selatan.

Penggemar SHINee Tunjukan Rasa Kecewa Pada Show Me The Money 10

Jonghyun Shinee

Photo : Instagram @jonghyunjjong Jonghyun Shinee

Setelah Show Me The Money 10 tayang, Shawol, sebutan untuk penggemar SHINee lantas mengungkapkan kekecewaan karena yakin lagu yang dibawakan merujuk kepada Jonghyun. Jika lirik yang digunakan bermaksud untuk memberikan penghormatan kepada mendingan Jonghyun SHINee, menurut K-netz cara tersebut tidak pantas.

"Lirik 'tetaplah bernapas hingga akhir hidupmu' menujukan kamu adalah orang yang tidak paham arti lagu Breath. Siapa yang menunjukan rasa tidak hormat seperti ini?" kritik salah satu netizen.
"Keterlaluan dia mengikutkan lirik tersebut karena seakan-akan ia memandingkan dirinya dengan Jonghyun," komentar yang lain.

Hingga kini Mudd the Student dariShow Me The Money 10 maupun Mnet belum memberikan penjelasan terkait dugaan lirik lagu yang menyinggung Jonghyun SHINee.