unnamed (2)

GwiGwi.com – WITHDOM adalah grup yang beranggotakan 4 personil yang meliputi 3 orang vokalis dan 1 orang yang mengisi Rap dan Chorus. Grup ini terbentuk di Kyoto pada tahun 2017 dan mereka ditunjuk sebagai Duta Pariwisata untuk kota Kyoto Jepang oleh Walikota Kyoto pada tahun 2019.

WITHDOM akan merilis lagu cover milik YOASOBI yang berjudul “Gunjou”, dimana dalam bahasa Indonesia Gunjou berarti Biru Laut. Kemarin mereka telah meluncurkan bagaimana cara untuk melakukan pemesanan. Ini merupakan ketiga kalinya grup ini merilis lagu cover. Video musik untuk lagu ini juga akan dirilis melalui kanal Youtube mereka pada hari yang sama.

Bentuk rilisan lagu cover tersebut dipengaruhi unsur Jazz dan R&B. Dan lagu ini begitu menunjukkan kualitas vokal mereka yang luar biasa. Mereka sukses membuat versi yang lebih lambat dan lebih harmonis tetapi tidak menghilangkan atmosfer dari lagu originalnya.
Sebelumnya, WITHDOM pernah mengcover lagu ‘A HAPPY NEW YEAR’ milik Yumi Matsutoya dan ‘Hakujitsu’ serta King Gnu. Mereka telah merilis beberapa lagu cover dari banyak musisi dan lagu-lagu terkenal Jepang seperti “Curtain Call feat. TAKA’ oleh Shota Shimizu, ’Feel Special’ dari TWICE,’ serta lagu Kanzen Kankaku Dreamer milik ONE OK ROCK. WITHDOM membawakan lagu-lagu tersebut dengan ciri khas dan keunikan suara mereka.

Tahun lalu, WITHDOM pernah merilis cover lagu ‘On Bended Knee’ milik musisi papan atas Amerika Serikat yaitu Boyz II Men. Dan Boyz II Men sendiri memberikan apresiasi besar bagi WITHDOM lewat akun Instagram mereka dengan komentar “Sebuah grup asal Jepang telah membuat versi cover dari lagu kami dengan sangat baik”. Album terbaru mereka yang berjudul “Synergy” berhasil mencapai peringkat 1 untuk 18 kategori di iTunes Store chart. Mereka juga banyak membuat lagu tema untuk beberapa acara televisi dan lagu tema untuk segmen Prakiraan Cuaca di Stasiun berita televisi. Single ‘Hey Girl’, yang sebelumnya dirilis lewat situs berbayar bulan lalu, kini juga sudah bisa didapatkan lewat situs official mereka.

Single ‘Koto no ha’ yang dirilis tahun lalu, terpilih sebagai lagu maskot dari kereta Monorail Osaka “Blue Ale Train” yang membawa pesan “Terima Kasih dan Tetap Semangat” untuk para pekerja di proyek Osaka Monorail Co. Ltd. Kereta Osaka Monorail ini melayani penumpang dengan rute melewati Bandara Itami Osaka dan Taman Peringatan Expo ‘70

Versi bahasa Inggris dari lagu ‘ICE CREAM’ juga telah dirilis melalui situs berbayar dan demikian pula dengan video musiknya. Video musik dari ‘ICE CREAM’ merupakan kolaborasi dengan Taman Nasional ‘Arashiyama Kimono’ di Kyoto, dimana tempat ini merupakan tujuan pariwisata wisatawan mancanegara serta Kuil “Penuh Warna” Yasaka Koshin-do.

Pemimpin dari band ini, SMOOTH adalah seorang penulis lirik dan lagu. ROY adalah seorang aktor dan memiliki karier di bidang teater, Ryo memiliki kanal YouTube yang telah dilihat lebih dari 32 juta pemirsa. Sedangkan. SHVNYA memiliki lebih dari 80 ribu pengikut di akun TikTok. WITHDOM senantiasa menonjolkan ciri khas tradisional Jepang di setiap karya mereka lewat irama dan syair lagunya. Orang-orang akan terkesan dengan keunikan dari WITHDOM terutama lewat lirik lagu yang ditulis oleh SMOOTH.