Tempat rekreasi di Bandung (instagram)
Tempat rekreasi di Bandung (instagram)

SuaraJabar.id - Wilayah Bandung tak pernah membosankan ketika menjadi destinasi liburan. Sehingga Anda perlu tahu tempat rekreasi di Bandung yang unik.

Setiap tahun selalu ada tempat rekreasi di Bandung yang menghadirkan nuansa baru. Wisata alam Bandung memilik daya tarik istimewa.

Pemandangan hijau dan lokasinya yang sejuk cocok untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari, terutama perkantoran.

Selain itu, wisata buatan di Bandung juga menarik. Wisata yang dibuat para investor ini kerap jadi pilihan rekreasi bersama keluarga, karena konsepnya yang unik dan kekinian.

Perpaduan itulah yang membuat Bandung memiliki banyak tempat rekreasi yang keren.

Berikut ini tujuh tempat rekreasi di Bandung yang bisa jadi pilihan ketika jalan-jalan bersama teman maupun keluarga:

1. Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort

Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort (instagram)

Tempat rekreasi di Bandung ini merupakan waterpark bernuansa alam. Kolam renang didesain dengan cantik. Beberapa patung yang berada di pinggir kolam memancarkan air panas yang natural.

Waterpark ini cocok untuk liburan bersama keluarga, terutama anak-anak. Dengan lokasi yang luas, anak-anak bisa bergerak kesana-kemari. Yang memberi kesan menarik lain, waterpark ini memiliki kandang burung berukuran besar.

Ciwidey Valley Resort berlokasi di Jalan Barutunggul, Ciwidey, Alemandah, kecamatan Rancabali, Bandung.

2. Kampoeng Tulip

Kampoeng Tulip (instagram)

Kampoeng Tulip merupakan tempat rekreasi di Bandung yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Lokasi ini mengusung konsep bernuansa Belanda, terutama arsitekturnya.

Kampoeng Tulip menghadirkan ikon-ikon khas Belanda, seperti kincir angin, pakaian tradisional dan bunga tulip. Namun, karena cuaca yang berbeda, bunga tulip tersebut tidak mekar.

Kampoeng Tulip berada di Komplek Banyu Biru, Ciwastra, Mekarjaya, kecamatan Rancasari, Bandung. Tiket masuknya Rp8.000 untuk weekdays dan Rp12 ribu untuk weekend serta hari libur nasional.

3. Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari (instagram)

Kampung Batu Malakasari merupakan tempat rekreasi di Bandung yang cocok untuk liburan keluarga. Selain fasilitas permainan yang lengkap, terutama waterpark, lokasi ini memiliki pemandangan alam yang indah.

Konsep dari Kampung Batu Malakasari sangat menarik. Danau tampak keren dengan bebatuan yang mangelilingi di tepi. Pengelola menyediakan kano jika ada pengunjung yang ingin menaikinya di danau.

Kampung Batu Malakasari berlokasi di Jalan Raya Banjaran, Desa Malakasari, kecamatan Bale Endah, Kabupaten Bandung. Tiket masuknya Rp10 ribu. Sementara jika ingin ke Tektona Waterpark harga tiketnya Rp30 ribu.

4. Dago Dream Park

Dago Dream Park (instagram)

Dago Dream Park merupakan tempat rekreasi di Bandung yang cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Ada banyak wahana permainan hingga hewan ternak yang menjadi hiburan untuk melepas penat.

Dago Dream Park juga memiliki konsep kekinian, dengan menyediakan banyak spot-spot foto keren. Mulai dari Sky Tree, Flying Lounge, Love Seat Up House dan beberapa lainnya.

Dago Dream Park berada di area sejuk Bandung, tepatnya Jalan Dago Giri, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang Badung Barat. Tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp20 ribu.

5. Karang Setra Waterland

Karang Setra Waterland (instagram)

Karang Setra Waterland merupakan tempat rekreasi di Bandung yang memiliki sejarah panjang. Diresmikan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno tahun 1954, lokasi ini terus berkembang dengan penyediaan fasilitas lengkap.

Karang Setra Waterland cocok untuk liburan bersama keluarga, terutama ketika mengajak anak-anak. Hiburan airnya sangat lengkap. Ada waterboom, kolam naga dengan seluncuran sepanjang 15 meter, hingga kolam arus dan air terjun.

Karang Setra Waterland berlokasi di Jalan Sirnagalih, Gegerkalong, kecamatan Sukasari, Kota Bandung. Tiket masuknya Rp40 ribu untuk weekdays dan Rp45 ribu untuk weekend

6. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang (instagram)

Farmhouse Lembang merupakan tempat rekreasi di Bandung yang bernuansa pedesaan Eropa. Fasilitasnya lengkap dari persewaan busana tradisional Eropa hingga Rumah Hobbit.

Farmhouse Lembang cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman. Ada banyak spot-spot keren yang bisa digunakan untuk latar foto. Peternakan aneka satwa, seperti kelinci, iguana, burung hingga domba ada di sini.

Farmhouse Lembang berlokasi di Jalan Raya Lembang 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.Tiket masuk per orang dihargai Rp25 ribu.

7. Taman Wisata Bougenville

Taman Wisata Bougenville merupakan tempat rekreasi di Bandung yang keren ketika dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Suasana alam yang asri ditambah bunga-bunga indah membuat lokasi ini cocok untuk bersantai-santai setelah kesibukan di hari kerja.

Nuansa alam sangat kental karena lokasinya di dekat Sungai Cigeureuh. Selain main di sungai tersebut, pengunjung juga bisa bermain air di fasilitas kolam yang bagus. Wisata ini terbilang kekinian dengan spot-spot keren untuk berfoto.

Taman Bougenville ini berlokasi di kawasan Ciamaung Bandung, tepatnya Jalan Gunung Puntang, kelurahan Cempakamulya, kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Tiket masuknya dibanderol Rp20 ribu.