ibu hamil minum teh hijau. Foto: Shutterstock

Teh hijau termasuk jenis minuman herbal yang disukai banyak orang, tak terkecuali ibu hamil. Sebab, selain rasanya yang segar, teh hijau juga mengandung antioksidan, polifenol dan kalsium yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Meski teh hijau aman dikonsumsi selama kehamilan, para ahli kesehatan menyarankan agar mengonsumsi minuman tersebut dalam batas wajar. Mengutip Healthline, teh hijau merupakan minuman yang mengandung kafein, sehingga berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil.

Ya Moms, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kafein kurang dari 200 mg per harinya. Sementara, satu cangkir teh hijau diperkirakan mengandung 25-45 mg kafein.

Bila dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, teh hijau punya beragam manfaat untuk ibu hamil. Apa saja?

8 Manfaat Teh Hijau untuk Ibu Hamil

1. Mengatur tekanan darah

Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan komplikasi yang disebut preeklamsia. Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, seperti polifenol, yang membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi rutin teh hijau selama kehamilan dapat mengatur tekanan darah normal.

2. Mengendalikan gula darah

Menurut Pacific College of Health and Science, beberapa senyawa dalam teh hijau dapat memodifikasi kadar glukosa dengan mengontrol kadar gula dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga baik untuk ibu hamil dengan diabetes gestasional bila diminum tanpa tambahan gula.

Ilustrasi teh hijau. Foto: Shutter Stock

3. Melindungi kesehatan mulut

Beberapa ibu hamil bisa saja mengalami masalah gigi dan mulut seperti, radang gusi, gigi berlubang hingga bau mulut. Katekin yang merupakan antioksidan dalam teh hijau, dapat membantu menghancurkan bakteri dan virus yang menyebabkan masalah tersebut, Moms.

4. Mengatasi masalah kulit

Kulit kering, sensitif, hingga jerawat kerap dialami ibu hamil karena perubahan hormon yang signifikan. Sifat antioksidan dan antiinflamasi dari teh hijau akan membantu mengatasi dan mencegah timbulnya masalah kulit ini.

5. Memperbaiki suasana hati

Antioksidan di dalam teh hijau akan meningkatkan tingkat metabolisme, yang bekerja dalam melawan perubahan suasana hati selama kehamilan. Selain itu, asam amino yang disebut theanine dalam teh hijau memberikan efek relaksasi, sehingga meminimalisir perubahan suasana hati menjadi buruk yang mungkin terjadi.

6. Meningkatkan kekebalan

Ibu akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah selama kehamilan. Kandungan antioksidan di dalam teh hijau akan membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh ibu hamil dari paparan virus dan penyakit.

Ilustrasi teh hijau Foto: Shutter Stock

7. Meningkatkan pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami oleh ibu hamil. Mengutip FirstCry Parenting, mengonsumsi teh hijau dalam jumlah wajar akan membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga mencegah sembelit pada ibu hamil.

8. Menguatkan tulang

Semakin lama usia kehamilan, maka semakin berat pula beban yang dibawa ibu hamil setiap harinya. Kondisi ini biasanya membuat kekuatan tulang ibu hamil mulai melemah. Nah Moms, kandungan kalsium di dalam teh hijau ini bermanfaat untuk menguatkan tulang Anda selama kehamilan.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis