Ilustrasi WhatsApp/ Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa
Ilustrasi WhatsApp/ Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa

Aplikasi WhatsApp saat ini merupakan salah satu platform berkirim pesan singkat paling paling populer, Bunda. Berdasarkan pantauan HaiBunda melalui Play Store, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 miliar kali.

Dengan semakin banyaknya pengguna WhatsApp, maka perusahaan ini pun semakin meningkatkan kualitas dan performanya. Belum lama ini, mereka juga menambah berbagai fitur menarik.

Salah satu fitur yang baru saja dirilis baru-baru ini adalah View Once, Bunda. Fitur ini mempermudah Bunda untuk lebih menjaga ruang pribadi atau privasi.

Fitur ini juga memiliki poin menarik lain, yakni siapapun yang mengirimkan foto atau video kepada Bunda, maka hanya bisa dibuka sebanyak satu kali. Setelahnya, pesan akan ter-update dengan tulisan 'opened'.

Selain fitur View Once, pada tahun 2014 lalu, WhatsApp juga sudah meluncurkan fitur centang biru dalam chat, Bunda. Fitur ini adalah penanda kalau pesan yang Bunda kirimkan sudah dibaca atau belum.

Kalau Bunda tak ingin orang lain mengetahui Bunda sudah membaca pesan yang dikirimkan, Bunda juga bisa lho menonaktifkan fitur ini. Bunda bisa pergi ke pengaturan 'privacy'.

Meski Bunda sudah mematikan centang biru, namun untuk pesan suara atau voice note centang biru masih tetap akan terlihat pada lawan bicara.

Bagi sebagian orang, menonaktifkan centang biru bisa jadi masalah, Bunda. Hal ini lantaran mereka tak bisa melihat apakah pesan mereka sudah dibaca atau belum padahal balasannya sedang ditunggu-tunggu.

Kalau Bunda kerap merasa seperti ini, ternyata ada cara lain untuk melihat apakah pesan Bunda sudah dibaca atau belum. Triknya adalah Bunda harus membuat grup WhatsApp terlebih dahulu sebelum mengirimkan pesan penting.

Grup bisa berisi Bunda dan teman chat. Langkah-langkahnya juga sangat mudah, lho.

Langkah pertama, Bunda bisa membuat grup WhatsApp bersama teman chat-nya. Kemudian, kirimkan pesan yang ingin Bunda kirimkan.

Setelah pesannya terkirim, Bunda bisa klik ikon titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih info. Setelahnya, kamu bisa melihat apakah pesan yang Bunda kirimkan sudah dibaca atau belum.

Lantas, apakah cara ini juga berlaku untuk pengiriman pesan suara? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, simak juga cara cek pesan WhatsApp yang sudah dibaca meski centang biru dimatikan selanjutnya dalam video berikut: