Profil-Agnes-Monica-Foto-Lead-1.jpg

Siapa yang tak kenal dengan sosok multitalenta dengan segudang prestasi yang satu ini? Ya, Agnes Monica atau biasa disapa Agnez Mo yang kini telah menjadi artis internasional mengawali karier sebagai artis cilik saat dirinya menginjak usia 6 tahun. Itu artinya, Agnez sudah 30 tahun berkarya di dunia hiburan. Lalu, seperti apa profil lengkap dan fakta menarik Agnes Monica?

Pada awalnya ia dikenal sebagai Agnes Monica, penyanyi cilik yang lincah. Selang sekian tahun kemudian ia menjelma penyanyi dewasa, memperkenalkan nama internasionalnya, Agnez Mo, merilis album dengan lagu-lagu berbahasa Inggris dengan harapan bisa diterima pasar dunia.

Terbukti kemudian Agnez memiliki penggemar dari berbagai negara. Performanya di atas panggung sangat enerjik, ada yang menjulukinya Britney Spears-nya Indonesia. Sebagai seorang entertainer, Agnez ibaratnya sebuah paket lengkap dengan beragam talenta yang dimilikinya.

Nah, tanpa berlama-lama, simak profil lengkap beserta fakta menarik dari Agnez Mo yang telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Profil dan Fakta Menarik Agnes Monica

1. Profil dan Biodata Agnes Monica

Profil Agnes Monica

Foto: Instagram/agnezmo

Agnes Monica atau Agnez Mo lahir dengan nama Agnes Monica Muljoto. Ia lahir di Jakarta, 1 Juli 1986. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Muljoto. Agnes memiliki seorang kakak laki-laki bernama Steve Muljoto yang kemudian menjadi manajernya.

Agnes menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Tarakanita Jakarta, Ia mengikuti berbagai kursus semenjak masih duduk di sekolah dasar, seperti kursus menyanyi, piano dan bahasa Inggris. Seusai menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar, Agnes melanjutkan studinya di SMP Pelita Harapan. Agnes merupakan murid yang memiliki prestasi menonjol di bidang akademik. Hal ini sering membuatnya menerima banyak beasiswa.

Lulus dari SMP Pelita Harapan, Agnes menyelesaikan pendidikannya di sekolah yang masih satu yayasan dengan sekolah menengah pertamanya, yaitu SMA Pelita Harapan. Agnes merupakan seseorang yang peduli dengan pendidikan. Terbukti, setelah lulus dari SMA Pelita Harapan, di tengah kesibukannya yang kian padat Agnes masih ingin merasakan bangku kuliah dengan mengambil pendidikan Hukum di Universitas pelita Harapan (UPH).

Agnes memutuskan untuk mundur dalam perkuliahannya di UPH dengan IPK terakhir 3,67. Meski mundur, bukan berarti Agnes tak ingin berurusan dengan dunia pendidikan lagi. Tak lama setelahnya, Agnes mengambil program Distance Education di Oregon States University (USO) jurusan Political Science.

2. Awal Karier

Foto: Instagram/agnezmo

Di awal karirnya, Agnes dikenal sebagai artis cilik. Sebagai penyanyi cilik, dia memiliki tiga album, yaitu “Si Meong” (1992), “Yess!” (1995) dan “Bala Bala” (1996). Album kedua “Yess!” meraih penghargaan sebagai “Album Anak-Anak Terbaik” pada tahun 1999.

Agnes pun memanfaatkan ketenarannya sebagai penyanyi cilik dengan merangkap profesi sebagai presenter acara anak-anak. Sebut saja “Tralala-Trilili”, “VAN (Video Anak Anteve)” dan “Diva Romeo”. Ketiga acara tersebut merupakan acara anak-anak yang dipandu oleh Agnes. Berkat itu, Agnes mendapat penghargaan sebagai Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit di ajang “Panasonic Awards” selama dua tahun berturut-turut (1999-2000).

Artikel terkait:

3. Berasal dari Keluarga Atlet

Profil Agnes Monica

Foto: Instagram/agnezmo

Seperti diketahui, Agnez Mo meniti karier sebagai penyanyi cilik sejak kecil di Indonesia. Padahal, dia berasal dari keluarga atlet. Ayahnya, Ricky Muljoto merupakan mantan pebasket yang pernah masuk tim nasional Indonesia. Sementara ibunya, Jenny Siswono, sempat masuk peringkat lima besar dunia di cabang olahraga tenis meja.

Agnez Mo pernah tertarik menjadi petenis. Namun, ketertarikannya di dunia tarik suara agaknya lebih besar. Dia pun dimasukkan ke sanggar menyanyi untuk mengasah kemampuan. Dia juga mengikuti les musik hingga beberapa kali tampil menyanyi di gereja.

4. Pertama Kali Terjun ke Dunia Seni Peran

Foto: Instagram/agnezmo

Sinetron Lupus Milleniayang dibintangi Agnes Monica di tahun 1999 menandai terjunnya Agnes ke dunia seni peran. Agnes mulai melepaskan bayang-bayangnya sebagai penyanyi cilik ketika menjadi pemeran utama sinetron Pernikahan Dini(2000) bersama Sahrul Gunawan.

Perannya di sinetron itu membuatnya menang sebagai Aktris Terfavorit di Panasonic Awards 2001 dan Panasonic Awards 2002 serta penghargaan Aktris Ngetop di SCTV Awards 2002. Agnes juga menyabet beberapa penghargaan Panasonic Awards dan SCTV Awards sebagai buah dari kerja kerasnya berakting di sinetron Cewekku Jutekbersama Roger Danuarta, Bunga Perawandan Cantikyang dilakoninya sepanjang tahun 2003.

Tahun 2005, Agnes membintangi sejumlah judul sinetron seperti Ku Tlah Jatuh Cinta, Pinkdan Kawin Muda. Ia juga sempat berakting di serial Taiwan, The Hospital(bersama Jerry Yan) dan Romance In The White House(bersama Peter Ho).

5. Kembali dengan Kiprahnya sebagai Penyanyi

Profil Agnes Monica

Foto: Instagram/agnezmo

Menginjak remaja, Agnes aktif merilis album. Mulai dari And the Story Goes(2003), Whaddup A’..?!(2005), Nez (2008), Sacredly Agnezious(2009) dan Agnes Is My Name(2011).

Tanggal 21 November 2010, Agnes mendapat kehormatan sebagai salah satu pembawa acara “American Music Awards 2010” yang diselenggarakan di Nokia Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Di acara tersebut Agnes Monica juga berkesempatan menampilkan suaranya emasnya dengan berduet bersama Christian Chavez.

Satu tahun setelahnya, yakni pada 2011, Agnez Mo berduet dengan penyanyi senior Amerika Serikat, Michael Bolton membawakan lagu Said I Loved You. Kemudian ia dinobatkan sebagai best Asian Artist Indonesia di ajang Mnet Asian Music Awards 2012.

Artikel terkait:

6. Profil Agnes Monica: Karier Go Internasional

Foto: Instagram/agnezmo

Sukses mengibarkan kiprahnya di Indonesia tidak membuat ia cepat puas. Artis satu ini berusaha menggedor ke dunia hiburan Internasional. Ia tercatat pernah membuat konser tunggal pada 2007 di Malaysia. Lalu pada tahun berikutnya, ia sukses mendapatkan penghargaan atas penampilannya di Asia Song Festival, Seoul, Korea Selatan.

Agnes juga pernah berkolaborasi langsung dengan artis papan atas dunia seperti Keith Martin, Chris Brown, T.I, dan Timbaland. Selanjutnya pada tahun 2017, ia sukses merilis album ke-5 nya yang merupakan album internasional yang bernama Xdan single terbarunya yang berjudul Long As I get Paid yang berhasil mencuri perhatian banyak orang di dunia.

Selanjutnya, ia memutuskan hijrah ke Amerika Serikat berkolaborasi dengan Chris Brown dan beberapa penyanyi Amerika Serikat lainnya.Bahkan Agnez Mo dengan gampang melenggang di red carpet American Music Awards 2019. Hingga kini sosoknya tak pernah redup, berbagai penghargaan telah ia raih.

Terbaru Agnez meraih penghargaan dalam ajang iHeartRadio Music Awards 2019 untuk kategori Social Award.

7. Menyukai Makanan Pedas

Profil Agnes Monica

Foto: Instagram/agnezmo

Sebagai orang yang lahir dan besar di Indonesia, Agnes pun memiliki lidah yang sama seperti orang kebanyakan. Ya, Agnes termasuk menyukai masakan yang pedas. Bahkan dulu ketika saat kecil, masih rewel soal makanan, Agnes cukup makan nasi, garam, dan cabe saja.

Ketika berada di Amerika, Agnes sempat kelimpungan mencari sambel pedas. Ia jadi gelisah dan lemah, dan akibatnya ia pun rela menempuh perjalan jauh untuk mencarinya. Hingga akhirnya ia menemukan sambal yang lumayan pedas di salah satu tempat di Amerika, yang membuatnya kembali segar dan penuh vitalitas.

8. Didapuk sebagai Duta Anti Narkoba

Foto: Instagram/agnezmo

Siapa yang masih percaya bahwa dalam berkarya harus pakai narkoba? Hal itu tentu saja tidak benar, karena melihat contoh nyata yaitu Agnez Mo dengan segala produktivitasnya. Ia juga dipercaya menjadi duta anti narkoba se-Asia serta duta MTV EXIT dalam memberantas perdagangan manusia.

Agnes ditunjuk sebagai Duta Anti Narkoba oleh DEA dan IDEC Far East Region. Pemilihan Agnes didasarkan atas dasar gaya hidupnya yang sehat dan prestasinya yang cukup besar. Sebagai Duta Anti Narkoba, Agnes harus sambang ke 18 negara Asia untuk mendukung kampanye anti narkoba internasional, termasuk Nepal, Korea Selatan, China, India, dan Australia.

Artikel terkait:

9. Termasuk Salah Satu Artis Terkaya

Profil Agnes Monica

Foto: Instagram/agnezmo

Agnez Mo disebutkan masuk ke dalam 10 selebriti terkaya Indonesia. Namanya bersanding dengan Raffi Ahmad, BaimWong, dan lainnya. melansir Celebrity Net Worth, Agnez Mo tercatat memiliki harta kekayaan bersih USD 30 juta, setara Rp 422,940 miliar (asumsi kurs Rp 14.098).

10. Penghargaan yang Pernah Diterima

Foto: Instagram/agnezmo

Agnes Monica juga merupakan penyanyi dengan jumlah penghargaan paling banyak di Indonesia. Hingga saat ini, ia telah memenangkan 170 penghargaan dari 327 nominasi yang diperolehnya dari banyak ajang penghargaan di dalam maupun luar negeri.

Satu penghargaan lain adalah dirinya yang dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds Singapura. Ia pun bersanding dengan tokoh-tokoh inspiratif dunia.

11. Perjalanan Cinta Agnes Monica

Profil Agnes Monica

Foto: Instagram/ryoshiadam

Agnes dikenal sangat tertutup mengenai kehidupan asmaranya dan menyatakan bahwa memiliki kekasih bukanlah prioritas hidupnya. Ia juga mengungkapkan bahwa kehidupan asmaranya harus tetap menjadi hal pribadi.

Meskipun demikian, pada tahun 2003 beredar rumor yang mengabarkan bahwa ia memiliki hubungan spesial dengan mentalis Deddy Corbuzier. Lalu pada bulan November 2007, terungkap bahwa Agnes tengah menjalin kasih dengan Dirly, juara kedua Indonesian Idol musim 3, meskipun hubungan ini tidak bertahan lama.

Pada Maret 2009, dirumorkan bahwa Agnes sedang dekat dengan dr. Neil, seorang dokter berkebangsaan Jepang. Pria lainnya yang juga dikabarkan pernah dekat dengan Agnes adalah Daniel Mananta, Rezky Aditya, dan Siwon Super Junior.

Pada tahun 2010, Agnes juga digosipkan berpacaran dengan pebasket Denny Sumargo. Pada tahun 2013, Agnes kembali dikabarkan memiliki hubungan dekat dengan Bing Chen, kepala Global Creator Development & Management YouTube.

Agnes juga dikabarkan sempat berhubungan dengan pemain basket Wijaya Saputra, namun kemudian hubungan mereka kandas dan lalu muncul dugaan bahwa Agnez menjalin hubungan spesial dengan penyanyi papan atas Chris Brown. Terakhir Agnes menjalin hubungan dengan seorang model bernama Adam Rosyadi.

Demikian profil dan fakta menarik tentang Agnes Monica atau Agnez Mo, artis multitalenta dengan segudang prestasi.

: