Polisi berusaha membantu mobil yang mundur lagi di tanjakan Tol Salatiga.
Polisi berusaha membantu mobil yang mundur lagi di tanjakan Tol Salatiga.

SIAPGRAK.COM – Sejak delapan tahun lalu, pasar otomotif Indonesia diramaikan oleh mobil-mobil yang dijual dengan harga terjangkau dan irit bahan bakar. Kendaraan ini dikenal dengan nama Low Cost Green Car atau LCGC.

Awalnya harga jual dari LCGC untuk beberapa tipe ada yang di bawah Rp100 juta, namun seiring pergantian tahun banderolnya terus naik dan kini paling murah bisa didapatkan dengan membayar Rp108 jutaan.

Karena harus memenuhi beberapa syarat dari pemerintah seperti konsumsi bahan bakar minimal 20 kilometer per liter, maka kapasitas mesin yang dipasang juga tidak besar. Beberapa tipe dibekali jantung pacu 1.000cc, sementara yang lain 1.200cc.

Karena performanya di bawah kendaraan lain, tak heran jika ada beberapa orang yang ragu saat hendak menggunakan mobil LCGC untuk menempuh perjalanan jauh yang melewati jalur tanjakan.

Mobil LCGC Datsun Go+.

Photo :

  • Foto: Herdi Muhardi/SIAPGRAK.COMnews

Dilansir SIAPGRAK.COM Otomotif dari laman Seva.id, Rabu 25 Mei 2022, kondisi jalan di Indonesia yang beragam memang membuat beberapa pengemudi khawatir soal kemampuan kendaraan mereka.

Namun, ada beberapa tips otomotif yang bisa jadi panduan saat hendak melewati tanjakan terjal menggunakan mobil LCGC. Pertama, yakni ambil ancang-ancang.

Jangan langsung terburu-buru ketika mobil akan melakukan tanjakan, lakukan persiapan dengan tenang. Pada mobil dengan transmisi manual, ambil ancang-ancang terlebih dulu dan pertahankan gigi satu. Untuk mobil dengan transmisi matik, posisikan tuas transmisi ke posisi L atau paling rendah sampai ujung tanjakan.

Apabila dibutuhkan untuk mengganti gigi ke posisi yang lebih tinggi, pastikan putaran mesin menyentuh angka 3.500 rotasi per menit sebelum melakukan perpindahan. Hal itu dilakukan, untuk memastikan torsi mesin berada di posisi puncak.

Selain cara mengemudi yang tepat, agar mobil LCGC kuat nanjak harus memperhatikan beban yang dibawa. Mobil jenis ini tentunya memiliki daya angkut yang tidak terlalu besar, maksimal adalah lima penumpang.