5 Pilihan Mobil untuk Pemula, Mulai dari Rp150 Jutaan
Ada berbagai pilihan mobil baru berikut ini bisa menjadi pilihan bagus untuk pemula. Toyota Agya dapat menjadi rekomendasi pilihan yang bagus untuk para pemula. Kendaraan satu ini sangat diminati oleh banyak masyarakat karena tergolong murah dan masuk dalam pasar segmen mobil murah ramah lingkungan atau LCGC (Low Cost Green Car). Oleh karena itu, pajak yang dibayarkan juga tergolong murah.

JAKARTA, SIAPGRAK.COM - Buat kamu yang baru saja bisa menyetir, berbagai pilihan mobil baru berikut ini bisa menjadi pilihan bagus untuk pemula.

Rekomendasi pilihan mobil untuk pemula ini berdasarkan dari berbagai pertimbangan, mulai harga, kepraktisan berkendara, teknologi dan desain.

Kira-kira apa saja rekomendasi mobil baru yang cocok untuk pemula?

Berikut ini SIAPGRAK.COM akan merangkum mengenai pilihan mobil untuk pemula dari berbagai sumber, Kamis (26/5/2022).

Pilihan Mobil untuk Pemula

1. Toyota Agya

Toyota Agya dapat menjadi rekomendasi pilihan yang bagus untuk para pemula. Kendaraan satu ini sangat diminati oleh banyak masyarakat karena tergolong murah dan masuk dalam pasar segmen mobil murah ramah lingkungan atau LCGC (Low Cost Green Car). Oleh karena itu, pajak yang dibayarkan juga tergolong murah.

Mobil satu ini dibekali dengan mesin bandel, irit dan bertenaga dengan kapasitas 1.200 4 silinder naturally aspirated 4 katup DOHC Dual VVTI. Tenaga mobil tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 88PS dan torsi sebesar 108nm.

Tenaga instan itu disalurkan melalui 2 varian transmisi diantaranya manual 5 speed dan otomatis yang digerakan melalui roda depan

Dari segi harga, Toyota Agya terbaru dibanderol mulai dari Rp149-179 jutaan.

2. Brio Satya

Mobil rekomendasi selanjutnya untuk pemula yaitu Honda Brio Satya. Mobil satu ini sangat laris di pasaran karena masuk dalam segmen LCGC dengan konfigurasi 2 seater. Oleh karena itu, harga dan nilai pajaknya sangat terjangkau.

Di samping itu, mobil ini memiliki desain body yang sporty dan ciamik. Mobil hatchback satu ini menawarkan mesin 4 silinder segaris, 4 valve, SOHC yang dikenal memiliki mesin yang halus, irit dan bertenaga.

Mengenai harga, varian termurah dari Brio Satya dibanderol mulai dari Rp151 jutaan saja loh.

3. Toyota Calya

Mobil ketiga yang menjadi rekomendasi untuk pemula adalah Toyota Calya. Mobil satu ini
memiliki basis yang sama dengan varian Sigra yang ditenagai oleh mesin 1197cc dengan 2 varian transmisi, diantaranya manual dan otomatis 4 percepatan. Memiliki konfigurasi 3 baris membuat mobil satu ini sanggup membawa penumpang hingga 7 orang.

Soal harga, Toyota Calya menawarkan harga jual dengan nominal mulai dari Rp148-168 jutaan.

4. Suzuki Ignis

Mobil rekomendasi untuk pemula berikutnya adalah Suzuki Ignis. Mengapa cocok untuk pemula? Suzuki Ignis menawarkan dimensi kecil dan kompak sehingga memudahkan pengemudi pemula dalam menyetirnya.

Bayangkan saja, mobil satu ini memiliki panjang hanya 3.700 mm, lebar 1.690 mm dan tinggi 1.595 mm. Dimensi tersebut sangat praktis untuk dikendarai di perkotaan seperti Jakarta. Tidak hanya itu, mobil satu ini juga dibekali dengan mesin 1.197cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 82 hp dan torsi puncak 113 Nm yang irit dan bertenaga.

Mobil satu ini menawarkan 2 varian penggerak yaitu manual dan Automatic Manual Transmission (AMT) yang dibanderol mulai Rp207 jutaan.

5. Suzuki Splash

Mobil terakhir rekomendasi yang baik untuk pemula adalah Suzuki Splash. Secara tampilan memang mobil ini minim fitur dan aksesoris. Namun secara keseluruhan mobil ini memiliki tampang imut dengan dimensi yang kompak.

Suzuki Splash memiliki panjang hanya 3.715 mm, lebar 1680 mm dan tinggi 1618 mm. Meski tampil dengan desain imut dan lucu namun dapur pacunya memiliki torsi dan tenaga yang cukup besar di kelasnya.

Mobil satu ini memakai mesin berkode K12M DOHC-VVT 4-silinder segaris dengan kapasitas 1.197 cc. Mobil tersebut menghasilkan tenaga maksimal sebesar 85 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 113 Nm pada 4.500 rpm.

Namun sayangnya terdapat kekurangan dari mobil ini, yaitu sudah di discontinue dan hanya ditawarkan dalam keadaan bekas dengan 2 transmisi yaitu manual dan otomatis 4 percepatan.