Jokowi
Jokowi

Presiden (Jokowi) dijadwalkan bertemu dengan Pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) SpaceX, Elon Musk di Amerika Serikat (AS), Minggu (15/5) waktu setempat.

Hal ini menjadi bagian dari rangkaian kunjungan Presiden Jokowi ke AS sejak Rabu (11/5). Presiden Jokowi beserta rombongan ke Washington DC untuk menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS.

"Iya benar besok (Presiden Jokowi akan bertemu Elon Musk)," ujar Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani kepada Katadata.co.id, Sabtu (14/5).

Mengawali agendanya di AS, Presiden Jokowi menerima kunjungan Chairman dan CEO Air Products Seifi Gashemi, sebelum bertolak ke Capitol Hill untuk menghadiri jamuan santap siang pemimpin negara-negara ASEAN oleh Ketua Dewan Perwakilan AS, Nancy Pelosi dan anggota Kongres AS.

Presiden Jokowi dan para pemimpin ASEAN lain juga menghadiri pertemuan dengan para pengusaha besar AS selepas jamuan santap siang.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih.

Dalam kunjungan kerja ini, Presiden didampingi antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sebelumnya Luhut telah bertemu dengan Musk di Tesla Gigafactory, Austin, Texas, Amerika Serikat (AS) pada akhir April lalu. Keduanya berbicara mengenai mobil listrik, energi terbarukan hingga mengenai B20.

Ikut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Anindya Bakrie, Duta Besar RI untuk AS, Rosan P. Roeslani, hingga Direktur Utama Electrum sekaligus Vice President PT Toba Bara Sejahtera (TBS) Energi Utama Tbk Pandu Sjahrir.

Sedangkan Jokowi dijadwalkan akan bersua Musk di lokasi peluncuran pesawat antariksa SpaceX di Texas, setelah US-ASEAN Summit yang berlangsung pada 12-13 Mei 2022.

Rosan Roeslani mengatakan Musk ingin bertemu dengan Kepala Negara saat kunjungan ke salah satu perusahaannya itu. "Elon membatalkan janji lainnya dan memprioritaskan kunjungan itu," kata Rosan kepada Katadata.co.id, Selasa (26/4).

Presiden Jokowi pernah berbicara dengan Musk melalui sambungan telepon pada akhir 2020. Keduanya bukan hanya membicarakan terkait potensi investasi Tesla di Indonesia ke industri baterai dan mobil listrik, melainkan juga adanya penawaran dari Presiden untuk investasi di industri penerbangan antariksa.