7 Fakta Squid Game, Serial Sadis yang Humanis
Sebelum nonton, mari simak fakta menariknya berikut ini sebagai panduan nonton.

Squid Game sudah tayang di Netflix. Sebelum nonton, mari simak fakta menariknya berikut ini sebagai panduan nonton.

Squid Game adalah serial Korea terbaru yang tayang mulai 17 September 2021. Salah satu daya tariknya adalah sosok Gong Yoo yang menjadi cameo sekaligus kejutan manis. Tak heran jika penggemar langsung heboh sekaligus memuji penampilannya dalam drama ini.

Serial sembilan episode ini menyajikan kisah menegangkan mengenai ratusan orang yang berpartisipasi dalam permainan anak-anak misterius yang berhadiah besar. Sayangnya, mereka tidak menyadari bahwa kematian menjadi konsekuensi kekalahan.

Kalau kamu penasaran dengan ceritanya, coba simak hal berikut yang akan membuat kamu memasukkan serial ini dalam daftar tontonan akhir pekan!

Fakta Serial Squid Game

1. Genre Survival yang Baru

Fakta Serial Squid Game Via Istimewa.

Jika disimak dari trailer dan sinopsisnya, Squid Game mengingatkan kita pada seri film thriller populer, yakni Saw. Kemiripannya ada pada genre survival, saat orang-orang yang terpilih harus memainkan berbagai game agar selamat.

Dalam serial ini, ada 456 orang yang berpartisipasi, tentunya mustahil bagi semuanya untuk dapat bertahan hidup dan memenangkan hadiah utamanya. Namun, penantian untuk mengetahui siapa yang akan mati berikutnya dan bagaimana mereka akan mati menjadikan serial ini sebagai sebuah cerita yang penuh ketegangan dan teror. Hal unik lainnya dari Squid Game adalah kisah yang menyoroti sisi kelam dari manusia.

2. Menyoroti Masalah Kapitalisme

Fakta Serial Squid Game Via Istimewa.

Walau sekilas memiliki plot yang sederhana, sebenarnya serial ini seakan sebuah perumpamaan yang cerdas mengenai manusia. Selain itu, soal masyarakat kontemporer dan persaingan kapitalisme yang tiada akhir.

Di balik serial ini, sutradara juga menunjukkan sebuah ironi, di mana niat baik kapitalisme yang ingin membantu mensejahterakan hidup seseorang sebenarnya bisa menciptakan sebuah persaingan yang brutal dan mencelakai manusia. Ada banyak simbolisme dan makna mendalam yang tersembunyi di serial ini.

 

3. Teka-teki yang Memicu Adrenalin

Squid Game menampilkan beragam permainan tradisional anak-anak Korea, seperti “Lampu Merah, Lampu Hijau” yang bisa kamu simak saat trailernya rilis. Para peserta pun harus berpartisipasi dalam permainan anak-anak ini demi bertahan hidup.

Hasil kekalahan yang mematikan nyatanya sangat kontras dengan kepolosan dan keceriaan yang pernah mereka rasakan saat masih kecil. Siap-siap untuk berdebar ketika menyaksikan permainan anak-anak di serial ini, ya! Dari permainan anak-anak berubah menjadi ajang hidup dan mati yang berbahaya!

 

4. Kreator dan Para Pemain yang Hebat

View this post on Instagram

A post shared by The Swoon (@theswoonnetflix)

Squid Game digarap oleh sutradara Hwang Dong-hyuk. Dia dikenal lewat berbagai filmnya yang memenangkan penghargaan, seperti Silenced (2011), Miss Granny (2014), dan The Fortress (2017).

Selain sutradaranya yang hebat, Squid Game juga menampilkan dua pemeran utama yang kuat, yaitu Lee Jung-jae dan Park Hae-soo. Keduanya merupakan aktor peraih penghargaan yang mampu memerankan berbagai karakter. Kamu juga sering menontonnya di beragam judul drakor.

Kombinasi sutradara dan pemain yang luar biasa ini menjadikan Squid Game sebuah tayangan yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi, serial ini sempat menjadi trending topic di media sosial.

5. Disiapkan selama Satu Dekade

Fakta Serial Squid Game Via Istimewa.

Dedikasinya untuk Squid Game juga dapat terlihat dari proses merencanakannya selama 10 tahun. Dalam sesi konferensi pers virtual yang berlangsung pada Rabu (15/9), Hwang PD mengaku bahwa dia sebenarnya sudah menyelesaikan draf pertama naskah itu sejak 2008 dengan mengambil inspirasi dari berbagai komik yang dibacanya.

Namun, saat itu menurut orang-orang, cerita yang ditulisnya sangat rumit dan tak familier. Lalu, pada 2018, orang-orang justru menilai naskah yang ditulis Hwang PD punya konsep yang unik dan cukup mencerminkan kondisi masyarakat sekarang.

Hwang PD memutuskan melanjutkan naskah dan menyelesaikannya selama dua tahun. Dia juga berterima kasih kepada Netflix yang mendukungnya.

 

6. Para Karakter dari Berbagai Latar Belakang

Via Istimewa

Squid Game juga menggandeng banyak aktor berbakat untuk memerankan karakter yang beragam. Menariknya, kamu bisa menyaksikan tipe-tipe manusia dalam serial ini, seperti dalam Sweet Home (2020).

Setiap peserta memiliki masalah hidupnya masing-masing yang akhirnya menuntun mereka ke dalam permainan yang berbahaya ini. Mulai dari utang judi, hingga tuntutan untuk menafkahi keluarga. Cerita masing-masing karakter ini menjadi salah satu hal yang membuat serial ini sadis sekaligus humanis.

 

7. Serial Korea Dewasa

Via Istimewa

Saking sadisnya, Squid Game harus dilabeli rating 19+. Serial Korea ini serupa dengan film Alice In Borderland yang sama-sama diperuntukkan penonton usia dewasa. Pemberian label ini berdasarkan adegan kekerasan, seksual, dialog yang kasar, hingga unsur kengerian tingkat tinggi.

Jadi, buat kamu yang berencana nonton Squid Game di akhir pekan, dilarang ajak penonton di bawah umur, ya.

***

Dari fakta di atas, mana yang paling membuat kamu tertarik? Serial Squid Game bisa kamu saksikan hanya di Netflix! Kalau udah nonton, bagikan pendapatmu, ya!