Banyak Kesamaan dengan Bumi, NASA Yakin Ada Kehidupan di Mars
Planet Mars, memiliki banyak kesamaan dengan bumi. FOTO/ IST

Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) merilis sebuah video yang menjelaskan faktor-faktor yang membuat badan tersebut percaya bahwa planet Mars pada zaman kuno sama dengan Bumi.

Seperti dilansir dari The Sun Minggu (16/10/2021), ilmuwan, dr. Becky McCauley Rench mengatakan mereka mengira planet Mars lebih 'lembab dan hangat' ketika pertama kali muncul.

"Ketika tata surya ada sekitar empat miliar tahun yang lalu, Mars dan Bumi terbuat dari bahan yang sama, sehingga membuat kedua planet terlihat sama,''

“Namun, hari ini jika kita melihat ke arah Mars, itu terlihat seperti planet kering dibandingkan dengan Bumi yang memiliki warna biru. Kami percaya Mars memiliki lautan utara yang dangkal sebelumnya, namun telah menghilang, sehingga membuat kedua planet itu berbeda," kata Rench dalam video tersebut.

Kesamaan yang dapat dikaitkan antara kedua planet itu penting bagi para ilmuwan karena dapat membantu mereka menemukan petunjuk kehidupan purba di Mars.

“Aktivitas geologis di Mars selama periode waktu itu menurun, di mana ia kehilangan air dan akhirnya menjadi planet yang lebih kering. Ini berbeda dengan Bumi di mana planet terus melalui proses 'kemajuan' dengan lempeng tektonik dan perkembangan kehidupan," jelasnya.

Selain itu, para ilmuwan juga percaya bahwa unsur air masih ada di permukaanMarssaat ini tetapi dalam bentuk es.

Mereka juga yakin bahwa bawah permukaan planet memiliki banyak air, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal itu.