All New Honda HR-V RS bermesin 1.500 cc turbo. Foto: Sena Pratama/kumparan

All New Honda HR-V hadir dengan pilihan tipe S, E, SE, dan RS, serta dua pilihan mesin yang berbeda.

Khusus untuk tipe RS, telah dibekali dengan mesin turbo berkapasitas 1.500 cc yang punya tenaga 174,5 dk dan torsi besar 240 Nm.

Usung embel-embel Turbo, apakah HR-V tipe RS wajib menggunakan BBM Pertamax Turbo?

DSD Assistan Manager Honda Prospect Motor, Onsert Ophirio Ningtyan menjelaskan mesin turbo HR-V terbaru masih aman menenggak BBM RON 92 atau sejenis Pertamax.

“Penggunaan mesin turbo pada varian RS salah satunya ditujukan bagi mereka yang ingin mengincar performa. Jadi untuk mendapatkan performa yang optimal disarankan menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan,” ujarnya kepada kumparan.

Layout mesin 1.500 cc turbo All New Honda HR-V RS. Foto: Dok. Honda Prospect Motor

Lebih lanjut, Onsert menambahkan, penggunaan BBM dengan oktan yang lebih rendah dari anjuran pabrikan akan membuat performa mesin tidak optimal.

Mesin Honda HR-V terbaru menggunakan unit yang sama dengan model Honda lainnya seperti CR-V turbo dan Civic turbo, yang tentunya sudah dilakukan penyesuaian ulang.

“Kami telah melakukan pengembangan dan riset yang membuat HR-V terbaru jauh lebih bertenaga dibandingkan dengan generasi sebelumnya,” ujar Larger Project Leader of Honda Motor Co. Ltd., Yoshitomo Ihashi saat sela penjelasan produk secara virtual.

Lebih lanjut, Ihashi menjelaskan bahwa mesin 1.5 DOHC Turbo Honda HR-V terbaru dinilai sudah cocok dengan kebutuhan pasar Indonesia.

All new Honda HR-V RS dijual dengan harga Rp 513,9 juta, sementara tipe lainnya yaitu HR-V 1.5L E CVT yang dibanderol Rp 282,9 juta. Kemudian HR-V 1.5L S CVT yang dibanderol Rp 362,9 juta, terakhir HR-V 1.5L SE CVT yang dihargai Rp 403,1 juta.

***