img-20210729-065647-6101fd841525105f585aa862.jpg
img-20210729-065647-6101fd841525105f585aa862.jpg

Ilustrasi: Bougenville coconut ice (dokpri)

Jenis bunga favorit yang banyak ditanam di halaman rumah. Karena bunga mampu bermekaran indah, hingga menarik hati para pencinta flora.
Bunga bougenville atau bunga kertas ini mekar sepanjang tahun. Berasal dari Amerika Selatan, yang ditemukan oleh seorang prajurit AL Perancis, Sir Louis Antoine de Bougenville.

Bunga yang termasuk jenis tanaman perdu ini memiliki akar tunggang dengan akar bercabang . Dengan batang yang berduri dan cenderung menjalar ini mampu beradaptasi dengan baik di berbagai lingkungan.

Bougenville yang menampar mata dengan elok warna bunga, memiliki banyak jenisnya. Bougenville yang dinamai sesuai ciri warna bunga.

1. Bougenville Alexandra yang berwarna keunguan.

2. Bougenville Barbara karts (merah magenta)

3. Bougenville Bambino Majik ( gradasi ungu putih)

4. Bougenville coconut ice (putih)

5. Bougenville Cherry Blossom ( mereha muda mendekati putih)

6. Bougenville baby Victoria (magenta keunguan)

7. Bougenville Bambino baby Lauren (keunguan)

8. Bougenville baby Allison (merah muda)

9. Bougenville gold rush (keemasan)

10. Bougenville California gold (gradasi emas ke jingga)

11. Bougenville afterglow (jingga) 

Beraneka jenis, beraneka warna, walau dengan bentuk serupa. Sebenarnya, warna-warna yang mencolok tersebut adalah seludang bunga yang tipis seperti kertas. Seludang ini berfungsi melindungi bunga kecil sebenarnya. Selain itu, seludang memiliki zat yang kaya manfaat sehingga bisa digunakan sebagai minuman herbal.
Konon, orang Hawai menyebutnya sebagai bunga setan karena bunga rambat ini berduri tajam yang menebarkan aura negatif. Sama halnya pada suku Jawa yang percaya bahwa menanam bougenville akan menyebabkan ketidakberuntungan pada pemiliknya.

Bagi mereka yang percaya, bougenville akan menjadikan pemiliknya mendapatkan kesialan. Misalnya, meningkatkan hasrat perselingkuhan, sulit mendapatkan jodoh, sering bertengkar, dan kesialan lainnya. Bagi mereka yang tidak percaya, menganggap bunga ini sebagai simbol keberuntungan.

Nah, elok pesona bougenville ini, apakah mendatangkan kesialan atau keberuntungan, terserah Anda untuk mempercayainya. Tapi haruslah ingat, setiap yang terjadi dalam diri kita, yakinlah adalah skenario terbaik dari Sang Kuasa.

Bagi yang memercayai kesialan yang didapatkan dari menanam bougenville ini dasar mereka menamai dengan bunga setan karena menimbulkan aura negatif atau kesialan.
Padahal, jika lebih mendalaminya, bunga yang sangat rimbun ini memiliki banyak manfaat, salah satunya membunuh bakteri, mengatasi batuk, mengatur tekanan darah, dan tentunya sebagai pembersih udara.

Percaya atau tidak, itu semua bergantung pada sudut pandang saja. Yang jelas, hidup mati jodoh rezeki tak ada yang tertukar. Untuk itu, tetaplah berpikir positif dan tetap optimis agar semua mendapatkan aura positif.
Karena bagi penulis, setan sesungguhnya adalah kita,  yang tak mampu menempatkan hati nurani pada tempat yang semestinya.
Karena kejahatan yang sesungguhnya berasal dari dalam hati kita. 

Bukankah kapal tenggelam karena ada lubang di dalamnya? 

Bukankah perilaku jahat dimulai dari perasaan tidak suka?

Mungkin juga, kejahatan muncul karena orang baik yang tersakiti?

Yang jelas, semua kebaikan datangnya dari Tuhan dan kesalahan adalah murni ulah manusia. Sepakat?

Penulis : Diah Nur Robbaniah