CEO GoTo Andre Soelistyo jadi pembicara di World Economic Forum 2022. Foto: GoTo

CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Andre Soelistyo menjadi salah satu pembicara utama dalam rangkaian acara pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) 2022 yang diselenggarakan di Davos, Swiss, pada 23-26 Mei 2022.

Andre menjadi pembicara dalam sesi Financial Inclusion: Addressing the Largest Gaps, Selasa (24/5) waktu Indonesia. Ia membahas pentingnya mewujudkan inklusi keuangan bagi semua orang, dari segala latar belakang dan kondisi ekonomi.

Selain itu, dibahas pula peran dari teknologi dan inovasi dalam menjembatani kesenjangan inklusi keuangan di seluruh dunia. Berkaca dari ekosistem GoTo, Andre memaparkan banyak mitra Gojek dan Tokopedia yang awalnya tidak memiliki rekam jejak transaksi finansial sama sekali, sehingga tidak memiliki akses ke layanan keuangan formal.

“Menurut pengalaman kami, jika kita tidak mendukung mereka untuk meningkatkan pendapatan mereka lebih dulu, akan sulit mempertahankan inklusi keuangan, karena inklusi keuangan baru akan terjadi sesudahnya," kata Andre dalam keterangan resmi, Kamis (25/5).

CEO GoTo Andre Soelistyo jadi pembicara di World Economic Forum 2022. Foto: GoTo

Andre juga mengatakan ekosistem digital punya andil besar dalam menekan kesenjangan dalam inklusi ekonomi. “Untuk dapat mengatasi masalah kesenjangan inklusi keuangan, kita harus terlebih dahulu membawa masyarakat masuk ke dalam inklusi digital,” ujar Andre.

Dia juga menjelaskan soal pengembangan infrastruktur digital yang bisa dilakukan ke depan di antaranya real time payment hingga sistem pembayaran online berbasisUnified Payments Interface (UPI).

“Untuk pengembangan infrastruktur ini, pemerintah, sektor swasta, dan publik perlu saling bekerja sama sehingga bisa terbangun infrastruktur yang dapat mendukung inklusi keuangan yang lebih terjangkau,” tambah Andre.

CEO GoTo Andre Soelistyo jadi pembicara di World Economic Forum 2022. Foto: GoTo

Andre pun menjelaskan mengenai GoTo yang merupakan ekosistem digital terbesar di Indonesia, menyajikan layanan on demand lewat Gojek, e-commerce via Tokopedia, dan teknologi finansial melalui platform GoTo Financial, dengan berbagai layanan pembayaran, pendanaan, hingga solusi keuangan untuk para pedagang.

Melalui GoTo Financial, Perusahaan berkomitmen membuat layanan teknologi finansial dapat diakses oleh semua pihak dengan mudah dan aman lewat satu sentuhan, secara terintegrasi bersama-sama dengan dua platform GoTo lainnya, yaitu Gojek dan Tokopedia.

“Di GoTo, kami mengalami sepanjang dua tahun terakhir lebih dari satu juta pedagang baru bergabung ke dalam ekosistem kami. Dalam situasi ekonomi yang sulit, kami melihat peningkatan jumlah wirausahawan yang pertama kali berbisnis, mungkin memulai usaha makanan dari rumah mereka, atau menjual makanan melalui e-commerce,” pungkas Andre.