Mobil bekas yang sudah terjual di titik inspeksi OLX Autos Foto: dok. Muhammad Haldin Fadhila/kumparan

Director Classified and New Business OLX Autos, Agung Iskandar mengatakan penjualan mobil bekas kembali menggeliat pasca Lebaran 2022.

“Kalau kita lihat pemulihannya cepat, jadi sempat turun satu minggu sebelum Lebaran dan sudah naik lagi satu sampai dua minggu setelah Lebaran,” jelas Agung ketika ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

Peningkatan penjualan mobil bekas ini disebabkan kondisi COVID-19 yang semakin terkendali dan pulihnya aktivitas masyarakat.

“Dengan PPKM direndahkan, sekolah mulai 100 persen dan kebutuhan mobil untuk mengantar anak pasti naik lagi,” lanjut Agung.

Mobil bekas di WTC Mangga Dua Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Mobil bekas berjenis MPV masih mendominasi penjualan. Meskipun, ia melihat adanya pertumbuhan permintaan untuk model SUV dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Agung membeberkan porsi penjualan MPV bekas mengalami penurunan dari 54 persen pada 2019 menjadi 44 persen tahun ini. Sementara SUV justru tumbuh dari 25 persen menjadi 31 persen.

“Mungkin karena infrastruktur yang lebih baik kemudian lebih suka mengeksplorasi tempat-tempat baru dan SUV menjadi mobil yang sangat cocok,” jelas Agung.

Stimulasi penjualan

Pengunjung sedang menjual mobil bekas di booth OLX Autos Foto: dok. Muhammad Haldin Fadhila/kumparan

Sementara itu untuk menstimulasi penjualan mobil bekas, OLX Autos menawarkan garansi mesin 30 hari, garansi 7 hari uang kembali, dan bebas biaya perawatan.

“Cicilan mobil bekas di OLX Autos mulai dari Rp 1 jutaan, sehingga masyarakat yang saat ini sudah mulai masuk kerja bisa tetap memiliki manajemen keuangan yang baik namun tetap memiliki mobil bekas yang berkualitas,” jelas Director Marketing OLX Autos, Sandy Maulana.