LOMBOK/BALI - Honda Indonesia mengaku sedang meriset peluang meluncurkan SUV murah yang satu segmen dengan Toyota Raize. Salah satu poin dalam studi itu adalah kisaran harga yang pas.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan pasar sport utility vehicle (SUV) di Indonesia terus mengalami kenaikan. Jika ditotal, kontribusinya di pasar mobil nasional pada 2021 sudah menembus 26 persen.

Di dalamnya termasuk segmen SUV murah lima penumpang yang ia sebut small SUV.

Sebagai informasi, para pemain di segmen ini sekarang antara lain Raize dan 'saudaranya' Daihatsu Rocky. Keduanya meluncur bareng di Tanah Air pada 2021.

"Honda di Indonesia selalu mengembangkan kendaraan yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Waktu (peluncurannya) melihat dari kondisi pasar. Rumus itu penting buat kami," kata Billy menjawab pertanyaan Mobil123.com mengenai potensi menerjunkan small SUV pada hari pertama Media Test Drive All New Honda HR-V di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Senin (23/5/2022).

"Kalau dilihat, segmen yang paling bawah (small SUV) itu diinginkan dan dibutuhkan," lanjut dia.

Billy membeberkan bahwa Honda kini dalam proses survei mengenai small SUV. Studi tersebut dilakukan sembari membawa Honda SUV RS Concept--kendaraan purwarupa yang diperkenalkan November 2021--keliling ke berbagai kota.

Salah satu pertanyaan dalam survei untuk para konsumen itu adalah harga yang dapat diterima, seandainya SUV murah lima penumpang Honda benar-benar meluncur. Rentang harganya yang diminta responden dari mulai Rp200 juta-an hingga tembus Rp300 juta.

"(Harga tipe) yang terendah itu Rp250 juta sampai Rp350 juta, kalau menurut survei kami," tegas dia.

Sayangnya, Billy belum mau mengonfirmasi kalau Honda pasti akan meluncurkan SUV murah lima penumpang di Indonesia. Pun tentang keterkaitan antara SUV RS Concept dengan kemungkinan mereka merilis small SUV.

"Saya tidak perlu ngomong straight (secara gamblang), dong," tukas dia.

Product Strategy Manager HPM Ferdianto Budiono, pada hari ketiga Media Test Drive di Nusa Dua, Bali, menilai segmen SUV di Indonesia nantinya akan sangat berkembang. Setiap kategori harga bakal memiliki segmen SUV-nya masing-masing.

Riset small SUV Honda dilakukan agar model produksi massalnya, andai kata jadi mengaspal, bisa melebihi harapan konsumen.

"Golnya,kami ingin hadirkan produk yang melebihi ekspektasi dan kebutuhan dari setiap konsumen," tegas dia. [Xan/Ses]