15 Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa, Seru Ditonton Untuk Mengisi Waktu Luang
Berikut ini adalah pembahasan 15 film animasi terbaik sepanjang masa, dari mulai konsep dan jalan ceritanya yang dieksekusi dengan sempurna!

Tontonan yang paling asyik untuk dinikmati oleh segala usia adalah film kartun atau animasi. Terbentuk dari rangkaian gambar baik itu 2 atau 3 dimensi yang digerakan dengan proses yang cukup rumit, beberapa film animasi terbaikbahkan memakan biaya produksi yang tidak sedikit untuk hasil yang memukau. Salah satu Anime keren sepanjang masa juga ;layak disandingkan dengan karya animasi lainnya yang mendunia.

Berikut ini adalah pembahasan 15 film animasi terbaik sepanjang masa, dari mulai konsep dan jalan ceritanya yang dieksekusi dengan sempurna sampai sangat terkenal juga di seluruh dunia. Yuk simak ulasannya!

15. Ratatouille (2007)

film animasi terbaik

Di urutan ke 15 film animasi terbaik sepanjang masa ini ada sebuah mahakarya Brad Bird tentang Remy, seekor tikus yang bercita-cita menjadi koki. Ratatouilleadalah potret menyentuh dari seorang seniman yang berjuang keras. Ada momen tanpa kata di dekat ending Ratatouille, dimana adegan kritikus makanan berkarakter sedingin es dan tampaknya tak terkalahkan bernama Anton Ego (Peter O'Toole) malah bisa luluh. Saat menggigit masakan Remy, langsung membawa Anton dengan gembira ke memori masa kecilnya.

14. WALL-E (2008)

film animasi terbaik

Pixar menunjukkan gravitas untuk merilis WALL-E, sebuah epik komedi romantis pasca-apokaliptik tentang robot yang benar-benar tanpa kata yang menjadikannya salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Bagaimana mungkin khalayak umum di abad kedua puluh satu berhubungan dan berempati dengan robot yang nyaris tidak mengucapkan sepatah kata pun?!

Robot bermata besar, baik hati, dan romantis bernama WALL-E adalah salah satu keajaiban terbesar Pixar. Perjalanan berbahayanya melalui luar angkasa untuk Eve (robot bersuara wanita) yang dia cintai, tidak kalah memukau.

13. Up! (2009)

film animasi terbaik

Menjadi film animasi kedua dalam sejarah yang dinominasikan untuk Academy Award untuk kategori Film Terbaik setelah Beauty and the Beast, Up!adalah wujud Pixar di puncak kekuatan mereka. Film ini ini juga komitmen mereka untuk menciptakan karya sinematik cerdas yang menarik bagi penonton muda dan tua. Pembukaan Up!yang ikonik dan menguras air mata selama lima menit. 

Skenario nominasi Oscar oleh Pete Docter, Bob Peterson, dan Tom McCarthy (yang kemudian memenangkan Oscar untuk menulis Spotlight), tidak menghindar dari penggambaran yang blak-blakan tentang imajinasi anak. Ada juga rumah balon terbang, dan anjing Golden Retriever yang bisa berbicara. Seni dan hiburan yang berani dan megah dihadirkan di salah satu film animasi terbaik sepanjang masa ini.

12. The Little Mermaid (1989)

film animasi terbaik

Setelah kematian Walt Disney pada bulan Desember 1966, studio Disney sedikit mengalami kesulitan selama lebih dari dua dekade. Beberapa film animasi memang dirilis, tetapi tidak ada yang sangat bagus, juga tidak ada yang menarik perhatian di box office. Sampai akhirnya The Little Mermaidsukses besar dan menghembuskan kehidupan baru ke dalam studio tersebut. 

Salah satu film animasi terbaik sepanjang masa ini memulai era animasi hits selama satu dekade yang sekarang dikenal sebagai Disney Renaissance. Skor musik oleh Alan Menken dan Howard Ashman sangat memukau. Melodinya sangat besar dan tak terlupakan. Liriknya begitu rumit dan cerdas, serta lucu seperti lagu Under The Seayang ikonik itu. Menontonnya sebagai orang dewasa, akan sulit untuk tidak tersentuh perasaannya oleh kisah ayah dan anak yang berjuang untuk memperbaiki hubungan mereka yang renggang.

11. Inside Out (2015)

film animasi terbaik

Setelah tersandung sedikit dengan pencapaian yang tidak terlalu bagus seperti Brave, Cars 2, dan Monsters University, Pixar kembali dalam performa terbaiknya dengan Inside Out. Instalmentfilm animasi terbaik sepanjang masa ini mengeksplorasi regulasi emosional yang mendalam dan cekatan yang entah bagaimana menjadi lucu dan sangat menyedihkan sekaligus. 

Penulisan skenarionya mendapat nominasi Academy Award yang digarap oleh Pete Docter, Meg LeFauve, dan Josh Cooley. Kisah ini menyentuh seluk-beluk kondisi manusia yang belum pernah kamu lihat sebelumnya di film lain.

10. Shrek (2001)

film animasi terbaik

Film Shrekketiga dan keempat menjadi sangat buruk jika dibandingkan betapa segar, mengejutkan, dan menyegarkan Shrekyang pertama. Kisah seorang ogre (Mike Myers) yang jatuh cinta pada seorang putri cantik (Cameron Diaz) memiliki keunikan konflik tanpa henti yang hanya diimbangi dengan kelembutan hatinya. Cinta itu memang buta seperti yang diungkapkan salah satu film animasi terbaik sepanjang masa ini.

  • Rekomendasi 10 Anime yang Karakter Utamanya Pendiam, Diam-diam Tapi Keren!
  • 5 Karakter Anime yang Gue Banget, Apakah Mirip Kamu?
  • Rekomendasi 7 Anime Berlatar di Pedesaan, Bikin Kangen Kampung Halaman!

9. Semua Film Toy Story (1995-2019)

film animasi terbaik

Kisah Pixar tentang persahabatan jangka panjang dan tumbuh dewasa bersamaan dengan generasi penontonnya menghadirkan era baru animasi. Serial film animasi terbaik sepanjang masa ini mempertahankan kesuksesan dari kritikus film dan secara finansial yang menghasilkan hasil besar-besaran selama seperempat abad.

Yang terbaik dari Toy Storyadalah bagian ketiganya. Jalan memutar yang gelap dan pahit yang tak terduga yang diambil dalam babak ketiganya adalah salah satu risiko kreatif terbesar yang pernah diambil para seniman di Pixar, dan yang paling berharga. Mungkin khusus untuk penonton milenial yang tumbuh dewasa bersama tokoh Andy, Toy Story 3adalah film yang sangat menyentuh.

8. Fantasia (1940)

film animasi terbaik

Fantasia adalah koleksi ambisius Walt Disney dari delapan sketsa musik animasi diatur ke skor yang dilakukan oleh Leopold Stokowski dan pembawa acara oleh Mickey Mouse. Film animasi terbaik sepanjang masa ini adalah film pertama dalam sejarah yang dirilis dalam format stereo, sangat mahal sehingga tidak bisa menghasilkan keuntungan yang menutupi biaya produksi sampai perilisan ulangnya di tahun 1969.

Film ini telah dirilis ulang begitu sering sehingga menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa jika kita memperhitungkan inflasi. Jika kamu suatu hari memiliki kesempatan untuk menonton Fantasiadi layar lebar, jangan lewatkan. Sistem suara canggih dan orkestra langsung mengubah Fantasiamenjadi sebuah sajian spektakuler.

7. Finding Nemo (2003)

film animasi terbaik

Film-film di tingkat atas kanon Pixar sangat menakjubkan dan sangat revolusioner sehingga untuk memilih mana yang terbaik benar-benar tidak mudah. Baik dalam penulisan skenario maupun visual bawah airnya yang inovatif, Finding Nemoadalah sebuah mahakarya. Bisa membuat tertawa terbahak-bahak melihat adegan lucu dan menghadirkan banyak kisah kesedihan, petualangan bawah laut ini bisa menjadi salah satu film animasi terbaik sepanjang masa.

6. Bambi (1942)

film animasi terbaik

Film tentang rusa berekor putih yang menjadi Pangeran Hutan Besar tetap menjadi batu ujian untuk film animasi terbaik sepanjang masa ini. Lukisan Tyrus Wong yang tak terlupakan menginspirasi pencipta besar zaman modern.

Untuk penonton muda, Bambi adalah gerbang horor, dengan adegan kematian yang paling terkenal, dan sangat menyedihkan dalam sejarah film.

5. Beauty and The Beast (1991)

film animasi terbaik

Film kedua di era Disney Renaissanceadalah film yang lebih halus dan dramatis daripada The Little Mermaid. Film animasi terbaik sepanjang masa ini mengambil petunjuk dari karya agung Prancis tahun 1946 berjudul La Belle et La Bête.

Untuk beberapa perspektif, film ini pertama kali ditampilkan kepada penonton pada bulan September 1991 di Festival Film New York, dalam potongan "work in progress"yang belum selesai. Hanya 70 persen dari animasi yang selesai, sehingga penonton melihat 30 persen gambar pensil kasar dipasangkan dengan soundtrack. Walaupun begitu, tayangan itu menerima sambutan yang meriah secara historis, dengan sorak-sorai dan tepuk tangan meriah selama 10 menit.

Beauty and the Beastkemudian menjadi film animasi pertama yang meraup hasil $100 juta di Amerika Serikat dan dinominasikan pula untuk enam piala Oscar. Album soundtrack-nya dinominasikan untuk Album of the Yeardi Grammy Award.

4. Sleeping Beauty (1959)

film animasi terbaik

Untuk satu atau beberapa generasi, upaya Disney yang paling ambisius dan termahal pada saat itu hanya bisa terlihat di VHS, dipotong dan tidak lengkap. Kamu bisa menonton film animasi terbaik sepanjang masa ini pada masa sekarang di layar besar, dengan suara yang lebih megah. Itu akan menjadi sebuah pengalaman yang unik. Di bawah arahan seni Eyvind Earle, Sleeping Beautyadalah titik tertinggi sebuah karya untuk media ini.

 

Ada yang mengatakan Aurora tidak memiliki kepribadian sebanyak pemeran utama Disney lainnya, dan ada yang mengatakan film berdurasi 75 menit itu memiliki narasi yang tipis. Terus terang, ketika seninya luar biasa hebat, siapa yang peduli dengan berbagai kekurangan itu?

Ini adalah film Disney pertama yang dibuat dalam format layar ultra lebar karena bingkai Super Technirama 70 lebih lebar dua kali lipat dari film klasik Disney awal seperti Snow White. Menyaksikan adegan finalnya di mana Maleficent membaca mantra yang menutupi kastil dengan berhektar-hektar tanaman berduri, lalu mengubah dirinya menjadi naga seukuran gedung pencakar langit adalah salah satu set aksi petualangan yang paling spektakuler dan megah yang pernah dipentaskan. Apalagi diiringi musik klasik Tchaikovsky yang menggelegar.

3. Spirited Away (2001)

film animasi terbaik

Hayao Miyazaki pernah berkata Princess Mononokeakan menjadi film terakhirnya, dan untungnya hal itu tidak benar-benar terjadi. Bertemu dengan putri teman Miyazaki yang berusia 10 tahun menginspirasi Miyazaki untuk membuat petualangan tentang seorang gadis muda yang menyeberang ke dunia roh melalui pemandian ajaib. Ide dari putri temannya itu bahkan melampaui imajinasi Miyazaki sebelumnya.

Spirited Awayadalah film hebat, dan menetapkan standar saat ini untuk keanggunan dan daya cipta dalam animasi tradisional. Miyazaki memasukkan beberapa CGI di sini, dan dia memang terkenal menggambar puluhan ribu frame animasi dengan tangannya untuk setiap fitur.

Anime yang menjadi film animasi terbaik sepanjang masa bernama Spirited Awayini adalah kisah pahit yang menyakitkan tentang proses tumbuh dewasa dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Sampai saat ini, Spirited Awayadalah satu-satunya anime yang memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik, dan sebagai sebuah karya pembuatan film fantasi, layak dibandingkan dengan The Wizard of Oz.

2. Pinocchio (1940)

film animasi terbaik

Dibuat dengan anggaran yang lebih besar, lebih banyak waktu pengerjaan, dan lebih banyak sumber daya, fitur lengkap kedua Walt Disney ini setidaknya sama menakjubkannya dengan pendahulunya. Pinocchiomenjadi satu-satunya film yang dapat membuat Snow White and Seven Dwarfs tergoyahkan demi gelar film animasi terhebat sepanjang masa.

Karakternya lebih berkembang lebih dalam, dan langkah dalam animasi sangat substansial. Pinocchiomenyajikan gambar elemen alam dan mekanik yang sangat hidup. Ini juga kisah yang lebih menakutkan, segala sesuatu di Pleasure Island hanyalah bahan bakar mimpi buruk. Pulau terkutuk itu mengubah anak-anak kecil yang bandel menjadi keledai, dengan cara yang sangat aneh.

1. Snow White and Seven Dwarves (1937)

film animasi terbaik

Salah satu karya yang memulai semuanya, film panjang animasi pertama dalam sejarah. Film animasi terbaik sepanjang masa adalah salah satu kunci kemenangan artistik Amerika di abad ke-20. Walt Disney bertaruh peternakan fantasi musik ini, dan banyak orang mengira dia gila untuk percaya bahwa penonton akan terhubung dengan kreasi yang digambar tangan selama 80 menit.

Ya, Snow Whitemembuat pria dewasa menangis, dan itu menjadi film terlaris yang pernah dirilis hanya bisa digulingkan dua tahun kemudian oleh Gone With the Windyang masih jadi juarabox-officesepanjang masa sampai sekarang. Snow White, seperti semua dongeng hebat lainnya, adalah gerbang horor.

Selain catatan Gotik dan beberapa visual yang terinspirasi oleh Ekspresionisme Jerman, Snow Whitemenampilkan tokoh jahat besar bernama salah satu dari sepuluh penjahat film paling tak terlupakan oleh American Film Institute. Penjahat itu adalah ibu tiri dari Snow White, penyihir kerajaan licik yang tidak akan berhenti untuk menghancurkan putri tercinta, murni karena kesombongan ingin menjadi yang paling cantik.

Nah, demikianlah pembahasan 15 film animasi terbaik sepanjang masa. Kira-kira film animasi terbaik yang mana yang jadi favorit kamu? Boleh ditulis jawabannya di kolom komentar ya!

Nantikan informasi seputar anime dan game lainnya serta jangan lupa untuk ikutiFacebookdanInstagram Dunia Gamesuntuk updateinfo yang tak kalah menarik. 

Kamu juga bisa beli voucher untuk Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobiledan banyak game lainnya dengan harga menarik hanya diTop-up Dunia Games!