Slot SIM Card fisik iPhone 12

Beberapa bocoran dari analis Apple menyebutkan bahwa Apple akan mulai menghilangkan slot SIM Card di iPhone 14 mendatang.

Penghilangan slot SIM Card bertujuan untuk mewujudkan desain iPhone yang seamless serta mendukung adopsi teknologi e-SIM.

Selain itu, peluncuran iPhone slot tanpa SIM Card akan mewujudkan visi Steve Jobs untuk iPhone.

Mantan Wakil Presiden iPod, Tony Fadell mengungkapkan bahwa Steve Jobs pernah berkeinginan untuk meniadakan slot SIM Card di iPhone generasi pertama.

Pernyataan Tony Fadell tersebut diungkapkan ketika ia diwawancarai oleh Joanna Stern dalam acara khusus di Museum Sejarah Komputer untuk mempromosikan buku barunya.

Alih-alih mengandalkan teknlogi GSM, Steve Jobs dulu lebih tertarik mengadopsi CDMA untuk menghubungkan iPhone ke tower dan mengutip penggunaan teknologi Verizon.

Teknologi tersebut memungkinkan ponsel pendukung terhubung langsung ke jaringan operator tanpa karu SIM fisik.

Namun, rencana tersebut batal dieksekusi karena adopsi CDMA di pasaran terlalu rendah.

Fadell mengatakan bahwa ia menunjukan data pasar kepada Steve Jobs untuk meyakinkan founder Apple tersebut bahwa adopsi CDMA terlalu rendah.

Pada akhirnya, iPhone menggunakan jaringan GSM yang terbukti lebih potensial bagi eksistensinya di pasaran.

e-SIM di iPhone 14

Seorang informan yang tidak disebutkan namanya membagikan sebuah dokumen kepada MacRumors yang berisi informasi penghapusan slot SIM Card fisik semua seri iPhone 14.

Itu artinya, iPhone 14 Series akan menjadi seri iPhone pertama yang tidak memiliki slot SIM Card fisik dan mengadopsi teknologi eSIM secara Native.

Rencananya, hal tersebut akan mulai diberlakukan di kuartal kedua (Q4) tahun 2022.

Sementara itu, rumor dihilangkannya slot SIM Card fisik di iPhone 14 juga dikabarkan oleh leaker @dylandkt.

Akun @dylandkt turut membagikan Tweet yang menuliskan bahwa Apple sedang melakukan ujicoba pengadopsian teknologi eSIM pada beberapa seri iPhone.

I am in agreement with recent rumors regarding the removal of the physical SIM card tray. In February, I had shared the following information below: https://t.co/zOyeJr0V1d

— Dylan (@dylandkt) December 27, 2021

Baca Juga: (Rumor) iPhone 14 Pro Bakal Hadir dengan Ukuran Layar Lebih Besar

Apakah visi Steve Jobs akan benar-benar terwujud di iPhone 14 mendatang?

Kita akan mengetahui hal tersebut pada akhir tahun ini di mana Apple diprediksi akan meluncurkan iPhone 14 series.

(*)