bernostalgia dengan Daihatsu Taft, Dulu Kekar Sekarang Mungil
Tampilan Daihatsu Taft terbaru. FOTO: Antara

GenPI.co - Daihatsu Taft kembali menyapa konsumen otomotif di Indonesia. Mobil ini tampil beda dari generasi sebelumnya.

Daihatsu Taff terbaru berubah jati dirinya menjadi kei car, sebutan mobil perkotaan berdimensi mini dan pakai mesin kecil di Jepang.

Nama mobil tersebut juga kini merupakan singkatan dari Tall dan Almighty Fun Tool, namun bentukannya dipertahankan tetap mengotak dan beraura SUV.

Soal dimensi Daihatsu Taft 2020 tidak jauh dari saudaranya, Daihatsu Tanto. Panjangnya 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm.

Kemudian jantung mekanisnya mengandalkan mesin bensin 658 cc tanpa dan dengan turbo. Masing-masing besaran tenaganya 52 PS di 6.900 rpm/60 Nm di 3.600 rpm dan 64 PS di 6.400 rpm/100 Nm di 3.600 rpm.

Dari depan kesan tangguh, ada grille yang tebal dan diapit oleh housing lampu yang besar.

Pencahayaannya sudah LED. Di tambah bentuk bumper ibarat tameng pelindung yang menguatkan karakter petualangnya.

Melihat Daihatsu Taft 'reborn' dari samping, sudut tegasnya begitu terpancar. Antara kaca depan dengan kap depan berbentuk siku, bukan landai ala Daihatsu Espass untuk mengejar aerodinamika.

Biar makin ala kei car crossover, ada sentuhan over fender di atas lingkar rodanya. Bentuknya tebal pula.

Melihat dari belakang, desainnya minimalis tapi tampak kokoh karena tarikan garis dan bentuk bodi mengotak.

Lihat saja bagian bumpernya dibuat menekuk keluar, ada ornamen krom pada pintu bagasi, hingga underguard silver pada bagian tengah bawah mobil.

Transmisi Daihatsu Taft terbaru semuanya matic CVT, dipadukan roda penggerak 4WD atau 2WD.

Fitur keselamatan aktif Daihatsu Taft menggunakan Smart Assist bahkan sampai fungsi bantuan parkir semi otomatis.

Daihatsu Taft pernah diproduksi di Indonesia mulai 1985 hingga 2007. Khususnya generasi ketiga yang tampilannya sudah dijelaskan di awal.

Variannya ada Taft Rocky, Taft GT, atau Taft Hiline. Dapur pacunya pakai mesin diesel 2.800 cc. Ada juga yang bensin 1.600 cc dengan sebutan Daihatsu Feroza. (*)

Jangan lewatkan video populer ini: