Indonesia Juara Piala Thomas 2020, Hendra Setiawan Sabet Gelar Perdana di Turnamen Beregu

INDONESIA juara Piala Thomas 2020 setelah menang 3-0 atas China di partai puncak yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) malam WIB. Bagi kapten Tim Thomas Indonesia, Hendra Setiawan, ini merupakan gelar perdananya di turnamen beregu.

Sebagaimana diketahui, pasangan Mohammad Ahsan itu telah mengikuti Piala Thomas sebanyak delapan kali. Namun, tak sekalipun ia pernah mencicipi gelar juara.

Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan
Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan

(Hendra saat berpasangan dengan Ahsan)

Padahal, Hendra Setiawan sangat berprestasi di nomor perorangan sektor ganda putra. Bersama Markis Kido dan Ahsan, ia telah meraih banyak gelar juara di berbagai turnamen bulu tangkis dunia.

Prestasi terbaik Hendra Setiawan di Piala Thomas hanya sebagai runner-up pada 2010 dan 2016. Saat itu, Indonesia dikalahkan oleh China dan Denmark.

Bahkan, pemain berusia 37 tahun itu sempat putus asa setelah dikalahkan Denmark pada 2016 lalu. Ia kecewa karena Piala Thomas 2016 sempat diprediksi jadi kesempatan terakhirnya membela Tim Thomas Indonesia.

Akan tetapi, kini Hendra Setiawan telah mendapatkan gelar perdananya di turnamen besar dengan format beregu. Terlebih lagi, gelar Piala Thomas 2020 ini terasa makin spesial karena ia ditunjuk sebagai kapten.

Pada turnamen yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark itu Hendra Setiawan hanya bermain satu kali kala berjumpa Aljazair. Ia berpasangan dengan Mohammad Ahsan dan sukses mengalahkan Koceila Mammeri/Youcef Sabri Medel dengan skor 21-9 dan 21-15.

Hendra Setiawan
Hendra Setiawan

(Hendra Setiawan bawa Indonesia juara Piala Thomas 2020)

Sebagai kapten tim, Hendra Setiawan pun mengepalai rekan-rekannya untuk mengangkat trofi Piala Thomas 2020. Ia melakukannya berbarengan dengan pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngady.

Sayangnya, saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan Bendera Merah-Putih tidak ikut dikibarkan. Hal itu terkait dengan teguran yang diberikan Badan Anti-Dopping Dunia (WADA) pada Indonesia beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Hendra Setiawan dan kolega tetap menikmati perayaan kemenangan tersebut. Mereka sangat bergembira karena telah menyumbangkan gelar ke-14 bagi Indonesia di Piala Thomas setelah puasa gelar selama 19 tahun.

Sekadar informasi, Indonesia tercatat sebagai negara tersukses di ajang Piala Thomas dengan 14 trofi. Menyusul di posisi dua ada China dengan 10 gelar.