Suasana Pameran Otomotif GIIAS 2021. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO

Tak ada lagi Honda vs Toyota di ajang pameran otomotif GIIAS 2022. Padahal sudah menjadi tontonan wajar bila dua pabrikan itu selalu menempati ukuran booth terbesar dan saling berhadapan.

Ya, pada edisi GIIAS 2022 Honda tidak memilih strategi tersebut dan melepas booth langganannya sejak 2015 itu ke Hyundai.

Honda pun kini bergeser ke Hall 2 dan 3 yang sebelumnya ditempati Daihatsu pada gelaran tahun lalu. Sedangkan Daihatsu terlempar ke ke Hall 5 dan 6, menempati lokasi booth yang sebelumnya diisi oleh Hyundai.

"Adanya perubahan lokasi booth Hyundai tersebut adalah hasil drawing dan berdasarkan kebutuhan lahan yang diajukan mereka," jelas Project Director Seven Event, Agus Riyadi, kepada kumparanOTO, Rabu (25/5).

Hyundai IONIQ 5 meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Sebelumnya, Hyundai juga mengoptimalkan pameran IIMS Hybrid 2022 untuk memperkuat citra mereka. Di sana, ukuran booth pabrikan Korea Selatan itu juga menggunakan area yang lebih luas.

Bahkan, Hyundai turut menghadirkan area test drive khusus yang terpisah dari merek-merek otomotif lainnya. Strategi Hyundai dalam hal pameran IIMS itu, terbukti berhasil untuk menarik minat masyarakat dan meningkatkan penjualan.

Hasilnya angka penjualan mobil listrik IONIQ 5 yang menyentuh 800 unit, jumlah peserta test drive IONIQ 5 yang mencapai 3 ribu orang, serta angka penjualan Hyundai Creta yang sebanyak 600 unit.

Test drive dari mobil listrik Hyundai IONIQ 5. Foto: Muhammad Haldin Fadhila/kumparan

Respons Honda

“Enggak apa-apa, di mana saja tidak masalah. GIIAS kan buat ajang untuk menunjukkan suatu inovasi baru, untuk meningkatkan penjualan, yang penting kita berpartisipasi, mau lokasi di mana saja ya itu tidak masalah,” ujar Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM, Yusak Billy di sela media test drive all new Honda HR-V di Nusa Dua, Bali (24/5).

***