6 Website Terbaik untuk Membuat video Animasi

Tahukah kamu? menurut suatu penelitian, metode ceramah dalam penyampaian materi pelajaran terkadang dapat membuat siswa mudah merasa bosan. Selain itu, metode tersebut juga dianggap mempunyai unsur paksaan bagi siswa, dimana mereka harus tetap mendengarkan materi pelajaran yang disampaikan secara satu arah dari guru.

Hal tersebut akan sangat bermasalah bagi siswa yang mempunyai gaya belajar visual. Mereka akan mudah jenuh bahkan mengantuk ketika belajar di kelas.

Dengan adanya teknologi beserta kemudahan yang disuguhkannya, menjadikan para pengajar lebih gampang dalam mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya dengan membuat video animasi. Berikut ini ialah 6 website untuk membuat video animasi pembelajaran yang bisa kamu coba.

1. Canva

Saat ini, Canva menjadi salah satu platform pengolah grafis yang banyak digunakan oleh orang-orang. Pasalnya platform yang satu ini menyediakan banyak fitur maupun template siap pakai. Mulai dari template presentasi, poster, CV, dan yang pasti untuk membuat video pembelajaran.

Untuk penggunaannya sendiri, Canva dapat digunakan melalui aplikasinya maupun melalui situs atau webnya saja. Dengan Canva kamu dapat membuat video animasi pembelajaran dengan menggunakan template yang sudah ada atau dengan kreasimu sendiri. Selain template yang pro, kamu juga akan menemukan banyak template gratis disini.

2. Animaker

Animaker adalah salah satu software untuk membuat video animasi yang praktis digunakan. Dengan Animaker kamu bisa membuat karakter animasi sesuai keinginanmu, dengan cara menyesuaikan tampilan karakter yang telah tersedia sesuai model atau gaya kesukaanmu.

Selain itu, karakter animasi tersebut nantinya dapat kita atur gerakan dan ekspresinya juga, lho. Diantaranya seperti gerakan tangan dengan ekspresi gembira, sedih, atau ekspresi yang lainnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa memberikan voice over melalui Animaker voice. Caranya, kamu hanya perlu mengetikan teks penjelasan dan nantinya akan diubah menjadi suara seperti manusia.

3. Powtoon

Selanjutnya, yang dapat kamu gunakan untuk membuat video animasi pembelajaran yaitu Powtoon. Powtoon telah menyediakan banyak template serta animasi kartun yang bisa kita atur gerakannya. Diantaranya seperti gerakan melambaikan tangan, mengetik, menjelaskan di depan kelas dan yang lainnya.

Karakter animasi yang tersedia di Powtoon ini juga banyak jenisnya. Mulai dari karakter guru, dokter, polisi, dan karakter profesi lainnya. Ini akan sangat memudahkan para pengajar untuk membuat video pembelajaran yang seru dan keren.

4. VideoScribe

VideoScribe adalah salah satu aplikasi untuk membuat video presentasi dalam bentuk animasi dengan gaya whiteboard / papan tulis. VideoScribe memiliki tampilan interface yang sederhana serta penggunaannya juga gampang. Itulah mengapa, kamu tidak perlu mempunyai keterampilan khusus dalam menggunakan aplikasi satu ini.

Ada banyak fitur yang disediakan VideoScribe. Diantaranya tersedia ribuan gambar yang bisa kamu pilih, fitur untuk mengatur durasi setiap objek, memasukan backsound, memilih jenis file export (seperti mp4,wav), membagikannya ke media sosial, dan fitur-fitur lainnya.

5. Doratoon

Website selanjutnya yang dapat kamu gunakan yaitu Doratoon. Pembuat video explainer yang satu ini berbasis website serta menyediakan banyak template yang dapat diedit. Kamu juga bisa mengganti elemen-elemennya, baik itu style ataupun warnanya.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Doratoon yaitu kamu bisa memilih antara format vertikal atau horizontal dalam tampilan videonya. Ini bisa kamu sesuaikan dengan keinginan atau kebutuhanmu dalam membuat video.

6. Vyond

Meskipun Vyond tidak gratis. Namun, software yang dulunya bernama GoAnimate ini disukai banyak orang karena fitur-fiturnya yang tak biasa. Sebab, kualitas animasi yang dihasilkan Vyond itu profesional serta workflownya yang cepat.

Karakter animasi dan latar belakang yang menarik menjadi aspek utama yang membuat banyak orang menyukai Vyond. Template yang disediakan di website ini juga banyak dan keren-keren, lho.

Dari penjelasan diatas, dapat menjadi rekomendasi untukmu dalam memilih platform untuk membuat video animasi pembelajaran. Sekarang, kamu tertarik untuk mencoba yang mana nih?