(Greysia/Apriani Dok: olympics.bwfbadminton.com)
(Greysia/Apriani Dok: olympics.bwfbadminton.com)

(Greysia/Apriani Dok: olympics.bwfbadminton.com)

Hari keenam cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020, Selasa (29/7/2021), seluruh wakil Indonesia tampil. Saat artikel ini ditulis, lima diantaranya sudah menyelesaikan pertandingannya dan mencatat hasil tiga menang dan dua kalah, sementara satu wakil lagi belum bertanding. Wakil yang mencatat kemenangan adalah dari sektor ganda putra, ganda putri dan tunggal putra, sedangkan yang mengalami kekalahan adalah dari sektor ganda putra dan tunggal putri. Sementara yang belum bertanding adalah dari sektor tunggal putra.

Di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung menjadi wakil Indonesia kedua yang gugur dari persaingan Olimpiade Tokyo 2020. Grego kalah dari Ratchanok Intanon dengan skor 12-21, 19-21 di perdelapan final.

Berikutnya di sektor ganda putra, dari dua pasangan yang bertarung, satu pasangan menang dan satu pasangan kalah. Marcus/Kevin diluar dugaan kalah dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik sehingga menjadi wakil Indonesia ketiga yang gugur di Olompiade Tokyo 2020. Sementara itu pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menang atas pasangan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di perempat final sehingga lolos ke semifinal.

Di sektor ganda putri, dalam pertandingan yang dimainkan sore ini, pasangan peringkat enam dunia Greysia Polii/Apriani Rahayu dengan susah payah berhasil menuntaskan perlawanan pasangan China peringkat tujuh dunia Du Yue/Li Yin Hui di perempatfinal. Greysia/Apriani menang rubber set dengan skor 21-15, 20-22, 21-17 setelah bertarung secara marathon selama satu jam dan 37 menit, untuk memastikan tiket ke semifinal.

Selanjutnya di sektor tunggal putra yang baru saja selesai, peringkat lima dunia Anthony Sinisuka Ginting yang diunggulkan di posisi kelima, telah menuntaskan perjuangannya di perdelapan final dengan kemenangan. Anthony Sinisuka Ginting secara meyakinkan berhasil menyelesaikan perlawanan pemain tuan rumah peringkat 13 dunia Kanta Tsuneyama yang diunggulkan di posisi ke 12. Ginting menang dua set langsung dengan skor 21-14, 21-18 dalam waktu 49 menit untuk menghantarkannya ke babak perempat final.

Semoga kemenangan Greysia/Apriani dan Ginting mampu memompa semangat Jojo yang belum tampil.

Penulis : Raiders Salomon Marpaung