Makam - makam di area khusus Covid-19 yang diberi penanda kain di TPU Srengseng Sawah, Jakarta Sekatan, Minggu (13/6/2021). [SIAPGRAK.COM/Alfian Winanto. [SIAPGRAK.COM/Alfian Winanto</figcaption></figure><p>Kematian adalah penghentian permanen dan ireversibel (tidak dapat dibalikkan) dari semua fungsi biologis yang menopang organisme hidup.</p><p>Kematian otak kadang-kadang digunakan sebagai definisi hukum kematian.</p><p>Sisa-sisa organisme yang sebelumnya hidup biasanya mulai membusuk segera setelah kematian.</p><p>Kematian adalah proses universal yang tak terhindarkan dan pada akhirnya akan terjadi pada semua organisme hidup.</p><figure class=
Petugas tengah melakukan prosesi pemakaman jenazah dengan keterangan terpapar COVID-19 tak menggunakan peti di TPU Jombang, Ciputat, Tangsel, Jumat (25/6/2021). [SIAPGRAK.COM/Wivy Hikmatullah.

Bunga tidur satu ini bahkan terkadang masih terngiang-ngiang saat kita sudah terbangun atau melakukan aktivitas seharian.

Pemakaman khusus jenazah Covid-19 di Depok, TPU Karabha [Suarabogor.id /Immawan]

Lantas, apa sebenarnya arti mimpi meninggal? Apakah ini merupakan pertanda sesuatu hal yang buruk di kehidupan nyata?

Meninggal dengan kejam dalam mimpi

Berbanding terbalik dengan penjelasan sebelumnya, kematian yang disebabkan kekerasan dan hal buruk lain dalam mimpi mengindikasikan bahwa kita sedang berusaha menolak sebuah perubahan atau takut dengan perubahan yang sedang terjadi.

Meninggal karena dibunuh orang asing

Meski sosok pembunuh di dalam mimpi itu tidak kamu ketahui, sebenarnya mereka merupakan bagian dari diri kamu sendiri, atau mewakili kekuatan di tempat di mana kamu berusaha membuat perubahan terjadi.

Melihat otopsi mayat diri sendiri

Otopsi merupakan tindakan untuk mengetahui cara kematian. Jadi, otopsi di sini berarti bahwa kamu mencoba mencari tahu mengapa sebuah situasi di dunia nyata akhirnya berakhir. Contohnya alasan berakhirnya hubungan atau pekerjaan.

Melihat mayat diri sendiri

Melihat mayat sendiri di dalam mimpi tentu bukan merupakan hal yang menyenangkan. Namun sebaliknya, mimpi ini justru menunjukkan bahwa kamu sedang berusaha melepaskan sesuatu di dunia nyata dan menguburnya.

Mimpi anak meninggal

Mimpi kematian satu ini mungkin menjadi yang paling mengganggu bagi orang tua, bahkan setelah mimpi berakhir.

Namun perlu diketahui, bahwa arti meninggal di sini adalah berakhirnya suatu fase kehidupan. Contohnya saat anak mulai berjalan, berarti dia telah meninggalkan fase kehidupan merangkak.

Mimpi pasangan meninggal

Sebagaimana mimpi kematian lainnya, memimpikan pasangan juga berarti bahwa perubahan mungkin sedang terjadi pada pasanganmu.

Coba ingat-ingat lebih dalam, apakah akhir-akhir ini sikapnya berubah? Apakah mereka menghabiskan waktu lebih banyak? Atau apakah sikapnya berubah dalam hubungan.